Bupati Kediri Buka Pameran UMKM,Sekda Supoyo Lepas Parade Mobil Hias

Kediri, koranmemo.com – Rangkaian Festival Panji Nusantara dalam Pekan Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kediri dibuka Minggu (8/7) siang. Dengan asesanti Amestuti Budaya Leluhur Angestuti Kediri Misuwur, Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno membuka pameran UMKM dan membuka pekan budaya di Simpang Lima Gumul (SLG). Sementara Sekda Supoyo SH,MSi melepas parade mobil hias dari halaman depan Pemkab Kediri.

Hadir mendampingi Bupati Kediri, pejabat Forkopimda Kabupaten Kediri, Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Kepala Disbudpar Propinsi Bali, seluruh kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Kediri. Sementara di halaman depan Pemkab Kediri Sekda Supoyo didampingi Adi Suwignyo Kepala Disparbud Kabupaten Kediri dan sejumlah kepala bagian.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan tujuan digelar Pekan Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kediri 2018 ini adalah mengembangkan budaya panji yang kaya makna dan estetika. Mencetak jiwa generasi muda yang kaya akan kreasi dan jiwa mandiri,berkarakter dan memiliki jiwa membangun Kabupaten Kediri yang semakin misuwur.

“  Pemkab Kediri juga mengajak negara Asean menyemarakkan Festival Panji Internasional ini dan merayakan Panji sebagai warisan budaya dunia. Negara yang hadir adalah Kamboja,Thailand dan Indonesia sebagai tuan rumah. Kita berharap dengan adanya Pekan Budaya dan Pariwisata sekaligus Festival Panji Internasional ini,Kabupaten  misuwur maju,tentrem,gemah ripah loh jinawi dan warganya makmur,” jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Adi Suwignyo Kepala Disparbud Kabupaten Kediri, even pekan pariwisata dan budaya sekaligus pameran UMKM ini upaya memperkenalkan produk budaya dan home industri lebih mendunia. Karenanya produk UMKM harus dipacu untuk lebih berkembang dan memiliki daya saing tinggi.

“ Sama halnya dengan budaya Panji dalam festival Panji Internasional ini. Sama-sama memberikan mutu yang terbaik agar budaya Panji semakin dikenal luas dan produk UMKM Kabupaten Kediri semakin meningkat dan kunjungan wisatawan Kabupaten Kediri setiap tahunya semakin meningkat dan menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kediri,” katanya.

Soni Sanjaya Kasi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Disparbud Kota Tangerang  menjelaskan,  30 seniman dengan tema Colour Full Of City Tangerang dengan kelompok Tangerang Fashion Carnival. Sedangkan pentas seni dengan judul tari Lenggang Cisadane di parade pentas seni. Kunjungan budaya ini sebagai kunjungan balasan setelah Kabupaten Kediri juga pernah berkunjung ke Kota Tangerang sebagai tamu budaya.

“ Karenanya kami ingin berbagi budaya sesama daerah seperti yang sudah disampaikan Walikota Tangerang dan Bupati Kediri dalam setiap kunjungan budaya. Terlebih di Kabupaten Kediri memiliki sekolah yang peduli pada kreasi budaya dalam kostum carnival seperti saat ini,” jelasnya.

Sementara Arif Suseno salah satu kreator mobil hias dari Korcam Papar menjelaskan, mempersiapkan mobil hias di truk engkel dengan tema barong ini selama dua minggu. Dengan tim sebanyak tujuh orang kreasi mobil hias ini bisa dilakukan dalam dua hari. “ Menghabiskan 30 stoefoam dan ini sudah baku. Kami selama ini keliling di Kediri,Tulungagung,Trenggalek dan Nganjuk,” katanya.(adv)

Reporter: Bakti Wijayanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date