Bupati Jadi Khotib Salat Idul Adha, Ajak Masyarakat Optimis Hadapi Pandemi

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidayat, menjadi khotib salat Idul Adha 1441 H/ tahun 2020, di Masjid Nurul Huda Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, Jumat (31/7) lalu. Dalam kesempatan itu, pucuk pimpinan eksekutif yang akrab disapa Mas Novi ini mengajak seluruh masyarakat untuk optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Mas Novi menyampaikan salam hormat serta terima kasih kepada para kyai, alim ulama, romo Kyai Syamsudin Al Ali, serta seluruh jemaah salat ied di masjid tersebut. Ia menyampaikan, terkait dengan perayaan Idul Adha yang berlangsung ketika pandemi Covid-19, Mas Novi menyatakan jika pihak Pemda siap dan mampu dalam menghadapi musibah ini.

“Nganjuk siap dan mampu menghadapi pandemi Covid 19. Saya imbau kepada masyarakat agar jangan sembrono, tetap mematuhi arahan pemerintah, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Mas Novi berharap, memasuki masa kelaziman baru saat ini supaya para ulama, umaro, serta masyarakat dari berbagai kalangan mulai bersinergi untuk menghidupkan masjid. Mulai aktif mengadakan kegiatan dalam rangka peningkatan serta ketakwaan terhadap Allah SWT, tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Hindari ceramah-ceramah yang bisa mengganggu kesatuan NKRI,” tandasnya.

Mas Novi menyebut hikmah dua ibadah yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Idul Adha, yakni ibadah haji dan kurban. Selain sebagai ibadah, kurban diharapkan bisa meningkatkan ukhuwah islamiyah serta kepekaan sosial terhadap sesama.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, kegiatan di Masjid Nurul Huda dilanjutkan dengan penyembelihan 1 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Dari awal hingga akhir kegiatan semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. (adv/humas pemkab)

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu