Bupati Blitar Jamin Keamanan Vaksin Imunisasi MR

Blitar, koranmemo.com-Seiring beredarnya informasi negatif terkait imunisasi Measless Rubella (MR) bagi kesehatan, salah satunya meninggalnya balita di Kademangan, Bupati Blitar Rijanto menegaskan vaksin tersebut aman bagi kesehatan.

“Kasus kematian balita asal Desa Darungan Kademangan sudah dipastikan bukan karena imunisasi MR, tapi karena penyakit infeksi perut. Sehingga saya minta masyarakat khususnya orang tua tidak perlu takut dengan  imunisasi MR,” kata Bupati Rijanto.

Ditegaskan, imunisasi MR sudah dijamin keamanannya dari Kementerian Kesehatan dan harus dilaksanakan untuk menghindari wabah campak dan Rubella. Terkait dengan efek samping, hal tersebut menurutnya merupakan suatu kewajaran dan bukan sesuatu yang berbahaya.

“Selain itu kami juga telah membentuk tim yang khusus menangani kejadian pasca imunisasi yang akan menangani secara maksimal, jadi masyarakat tak perlu khawatir,” tukasnya.

Seperti diberitakan, Dimas, balita berusia empat tahun warga Dusun Basole, Desa Darungan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, menghembuskan nafas terakhirnya usai mendapatkan imunisasi Measles Rubela (MR).

Informasi yang diterima dari beberapa warga sekitar tempat tinggalnya, Dimas dikabarkan meninggal 7 hari lalu. Balita itu mengalami demam tinggi selama tiga hari usai mendapat imunisasi MR. Pihak keluarga kemudian membawa bocah tersebut ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong.

Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menampik meninggalnya Dimas akibat dari imunisasi MR. Menurut Dinkes, Dimas meninggal akibat penyakit infeksi perut yang diderita bersamaan dengan imunisasi MR.

Reporter: A. Prabowo
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.