Budidaya Tanaman Holtikultura, Manfaatkan Pekarangan Kosong

Kediri, koranmemo.com – Tak hanya pelayanan saja yang menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri.  Kebutuhan pangan dan gizi warganya pun juga diperhatikan. Meskipun bukan sebagai kota penghasil bahan makanan, namun pemerintah terus berupaya agar warga dapat mandiri untuk mencukupi kebutuhan pangan mereka sehari-hari. Salah satunya dengan megedukasi warga agar memanfaatkan pekarangannya untuk menjadi lahan produktif.

Kegiatan edukasi yang diberi nama Temu Lapangan atau Farm Field Day (FFD) tersebut diadakan oleh Pemkot Kediri, Kamis (12/10).   Ketua TP PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Feronica Abu Bakar, atau yang lebih akrab disapa Bunda Fey berharap, dengan dilangsungkannya agenda seperti ini dapat memberikan contoh kepada warga Kota Kediri lainnya, sehingga mereka juga bisa memiliki lahan produktif.

“Kota Kediri ini, kota kecil yang memiliki banyak potensi, salah satunya adalah potensi pekarangan yang cukup luas,” jelasnya, Kamis (12/10).

Bunda Fey mengungkapkan, pekarangan yang ada di Kota Kediri ini luasanya hampir mencapai 3 hektare.  Namun, baru sekitar 40 persen yang dimanfaatkan sebagai lahan produksi.  Oleh karena itu, FFD sebenarnya berfokus untuk mengoptimalisasi pemanfaatan pekarangan yang mengarah pada urban farming atau pertanian perkotaan.  Tanaman yang bisa dibudidayakan adalah tanaman hortikultura (buah, sayur dan bunga).

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi penyedia kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Serta menciptakan lingkungan yang nyaman, indah, asri, sehat dan menjadi wahana edukasi bagi masyarakat,” harap Bunda Fey.(adv/pemkotkediri)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.