Brigif 16 Gelar Pelatihan Bela Negara

Share this :

Kediri, Koran Memo – Ratusan pelajar SMA Negeri dan Swasta se-Kota Kediri, Rabu (28/10) mengikuti kegiatan Lomba Pelatihan Bela Negara di Markas Komando Brigif 16/Wira Yudha. Kegiatan tersebut difokuskan untuk membangkitkan kembali wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para pelajar yang langsung diinstruksikan oleh para anggota TNI.

Latihan kepemimpinan dalam pelatihan bela negara siswa SMA di Markas Komando Brigif 16/WY (kurniawan/memo)
Latihan kepemimpinan dalam pelatihan bela negara siswa SMA di Markas Komando Brigif 16/WY (kurniawan/memo)

Ada 5 materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut. Yakni ketangkasan, kepemimpinan, pidato, cerdas cermat, dan PBB (Pelatihan Baris Berbaris). Seluruh kegiatan sengaja dilombakan dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Pasi Bakti TNI, Kapten (Inf) Trisno Widodo mengatakan, saat ini pengetahuan tentang wawasan kebangsaan sudah mulai terkikis bahkan hilang. Oleh sebab itu, para pelajar khususnya, sebagai penerus bangsa harus kembali diingatkan tentang pentingnya pengetahuan tentang tanah air dan bagaimana mencintai negara Indonesia. “Kita lihat sekarang wawasan tentang kebangsaan, pancasila sudah mulai terkikis. Para pelajar ini harus kembali diingatkan agar siap menjadi penerus bangsa,” ujarnya.

Sikap mental dan ideologi pemuda tentang kebangsaan harus sejak dini dididik. Agar para pemuda tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang nantinya bisa menyebabkan perpecahan bangsa.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari diisi oleh berbagai pelatihan dan pembinaan. Sejak pagi, para peserta lomba sudah dilatih dengan kedisiplinan, rasa tanggung jawab dan jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Salah satunya adalah kegiatan praktik baris berbaris. Para peserta yang ditunjuk sebagai pemimpin diharapkan tidak hanya memberikan perintah kepada anggotanya, tetapi juga bisa memberikan teguran apabila ada kesalahan dan memberikan contoh sekaligus memperbaiki kesalahan tersebut.(kur)

Follow Untuk Berita Up to Date