BPBD Kabupaten Kediri Siapkan Bantuan Material Untuk Perbaiki Tanggul Jebol di Tarokan

Kediri, koranmemo.com – Sejauh ini kondisi tanggul jebol di dua tempat di Desa Sumberduren Kecamatan Tarokan masih dalam proses perbaikan. Dalam minggu ini pula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri menyiapkan ribuan karung goni, puluhan sesek bambu dan lonjoran bambu.

Yang pasti kepentinganya untuk memperbaiki sementara kondisi tanggul jebol tersebut sebagai antisipasi luapan air susulan di wilayah Sumberduren, Cengkok dan Blimbing. Hal ini juga mencegah adanya kerugian berkelanjutan tanaman yang di sawah warga di wilayah desa terdampak di Kecamatan Tarokan.

Slamet Turmudi Kepala BPBD Kabupaten Kediri menyampaikan bantuan tersebut sebagai upaya mempercepat untuk tidak terjadi banjir susulan. Perbaikan sementara ini nantinya menggunakan alat berat untuk menutup tanggul yang rawan jebol di setiap musim penghujan tiba di wilayag sungai di Tarokan.

“Kami upayakan seperti biasanya untuk memberikan bantuan sak karung, sesek bambu dan bambu lonjoran untuk membantu memperbaiki tanggul jebol di dua tempat yang bersebelahan di tanggul jebol. Kami pastikan minggu ini akan kami lakukan perbaikan bersama petugas BPBD, warga Desa Blimbing dan Forkompimca Tarokan,” ujarnya.

Slamet menambahkan, selanjutnya untuk mengetahui kondisi tanggul di sungai Kolo Koso, BPBD bersama PUPR dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Timur memantau kondisi tanggul yang rawan jebol di wilayah Banyakan, Grogol dan Tarokan. Yang utama adalah untuk normalisasi sungai.

“Kita sampaikan ke warga untuk tidak menanam rumput gajah dan pisang di pinggir sungai. Karena hal tersebut memudahkan tanah jadi gembur dan terjadi penyempitan badan sungai. Perlu kita normalisasi karena pendangkalan sungai dan saat ini hujan lebat dengan cuaca ektrem,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu