Bos Gallian Dituntut 7 Bulan

Magetan, Memo – Supriyanto alias Joyo (33) warga RT 12 RW 2, Desa Jambangan, Kecamatan Kawedanan, terdakwa kasus penambangan ilegal di Desa/Kecamatan Ngariboyo yang digerebek petugas pada 26 Januari tahun 2015 silam, menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Magetan, Selasa (10/5). Eko Wahyu Prasetyo, bertindak sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan menuntut hukuman 7 bulan penjara kepada Joyo.

Terdakwa Supriyanto alias Joto Digelandang Ke Rutan Kelas IIB Magetan. ( Norik/Memo)
Terdakwa Supriyanto alias Joto Digelandang Ke Rutan Kelas IIB Magetan. ( Norik/Memo)

JPU menilai pria yang mengaku sebagai wartawan salah satu koran terbitan mingguan tersebut adalah yang bertanggungjawab atas penambang galian C Ilegal seluas 10X4 meter di Desa/Kecamatan Ngariboyo. Terdakwa dijerat dengan pasal 168 Undang-undang nomor 4 tahun 2009, tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

“Menuntut terdakwa Supriyanto dengan hukuman 7 bulan penjara, sesuai amanat pasal 168 Undang-Undang nomor 4 tahun 2009, tentang Minerba. Terdakwa dalam melakukan aktifitas pertambangan tidak memiliki ijin yang diatur oleh undang-undang yang berlaku,” kata Eko, Selasa (10/5).

JPU mengungkapkan, tuntutan tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan. Diantaranya, tambang ilegal miliknya baru sehari beroperasi, terdakwa dinilai kooperatif, dan terdakwa sedang menunggu proses perizinan. “Selain baru sehari beroperasi, terdakwa juga kooperatif, dan ijin saat itu sudah diproses cuma belum terbit,” jelas Eko Wahyu Prasetyo.

Sementara itu, terdakwa Supriyanto yang duduk dikursi pesakitan mengenakan setelan baju panjang putih dipadu celana hitam dan memaakai rompi bertuliskan tahanan Rutan Kelas IIB Magetan, mengaku menerima atas tuntutan dari JPU. “Saya terima pak Hakim,” jawab terdakwa singkat.

Sidang kasus galian C Ilegal dengan terdakwa mantan wartawan mingguan tersebut, rencananya akan dilanjutkan pada Selasa (17/5) mendatang, dengan agenda pembacaan vonis. “Sidang akan dilanjutkan Selasa depan dengaan agenda vonis,” kata Nurhadi, Hakim Ketua PN Mageta disertai ketukan palu.

Sebagai informasi, terdakwa Supriyanto alias Joyo (33) ditangkap dirumahnya Desa Jambangan, Kecamatan Kawedanan oleh  Satreskrim Polres Magetan pada 26 Januari lalu. Ia terbukti sebagai pihak yang bertangungjawab atas beroperasinya tambang galian C ilegal di lahan milik Rudiah (35) warga Desa/Kecamatan Ngariboyo. (znl/rik)

Follow Untuk Berita Up to Date