Blusukan ke Sawah, Paslon OK Obrolkan Masalah Hama

Share this :

Ngawi, koranmemo.com – Meski paslon tunggal, calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar – Dwi Rianto Jatmiko terus bergerak menyapa masyarakat. Kamis (15/10), Paslon OK ini blusukan menemui para petani di Desa Jeblogan Kecamatan Paron.

Paslon diusung 10 parpol ini menyerap aspirasi petani. Salah satunya adalah soal menanggulangi hama tikus yang menjadi momok bagi para petani. Sudah banyak petani di Ngawi yang meninggal dunia karena terkena jebakan listrik yang mereka pasang sendiri untuk menjerat tikus.

“Untuk menanggulangi hama tikus, petani harus dibantu dengan mengembalikan ekosistem yang ada. Seperti menyediakan ular sawah dan mamalia burung hantu,” kata Cabup Ngawi Ony Anwar.

Lebih lanjut, petani di kabupaten Ngawi ini 80% penduduknya petani. “Untuk itu kita akan terus memberikan pembinaan, pendampingan juga pelatihan – pelatihan kepada petani yang ada di Ngawi,” ujarnya.

Baca Juga: Tagihan Bengkak, Pemkab Ngawi akan Ganti PJU dengan Teknologi LED

Sementara itu, cawabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko mengatakan, pihaknya turun langsung ke lapangan untuk memberikan motivasi kepada para petani bagaimana mengantisipasi terkait hama tikus melalui pendirian rumah burung hantu.

Untuk itu, dengan cara begitu memang perlu dikembangkan kembali. “Kita juga berdialog dengan masyarakat terkait dengan pemanfaatan air bersih di desa Jeblogan ini yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Terpapar Covid-19, Pelayanan Puskesmas di Ngawi Tutup, 37 Pegawai Swab Massal

Dia berharap, pertanian ke depan ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan cara bagaimana pergeseran pola dari kimia ke organik.

“Untuk jangka pendek, pemerintah perlu menyediakan dan mengalihkan pupuk bersubsidi. Kita harus solusinya, salah satunya harus ada dua industri yang menampung hasil petani,” tambahnya.

Reporter: Juremi
Editor: Della Cahaya