Blitar Dilanda Bencana Longsor, Sehari Terdapat 4 Lokasi Ambrol

Blitar, koranmemo.com – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, sebanyak empat titik tanah longsor ditemukan sejak pada Rabu (6/12). Tanah longsor ini terjadi tepat di kawasan pemukiman penduduk dan sempat menghancurkan rumah-rumah warga, meski tak ada korban jiwa.

Informasi yang diperoleh, tanah longsor yang terjadi di empat titik di wilayah Gandusari. Pada waktu itu warga sedang beristirahat dan tak disadari ada tanah yang bergerak hingga tak sempat menyelamatkan barang berharga di dalam rumah.

“Ada rumah yang patah sebagiannya jatuh ke jurang beserta seisinya dan ada juga yang masih tertidur juga ikut jatuh karena rumahnya ambles,” ujar Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya SH, SIk , Jumat (8/12).

Dijelaskan keempat lokasi yang longsor serempak pada malam itu. Lokasi tersebut diantaranya di Dusun Barurejo  Desa Krisik tanah longsong menimpa rumah milik Tumiran (75) seorang petani yang dapurnya hancur lantaran permukaan tanahnya longsor setinggi 20 meter. Tidak ada korban jiwa tapi kerugiaan matreriil kurang lebih Rp 10 juta dari dapur yang rusak.

Masih di Dusun Baturejo, rumah milik Hardi (30) seorang petani ambles semuanya beserta pemiliknya yang waktu itu sedang tidur. Hardi hanya mengalami luka ringan meski  dia dan rumahnya longsor setinggi 15 meter. Kerugian dari rumah yang hancur ini berkisar Rp 25 juta.

Lokasi ke-tiga terjadi di Dusun Sumbergondo Desa Tulungrejo,  longsoran perbukitan masuk ke halaman rumah Mujiran (54). Tidak ada korban jiwa maupun materiil hanya tanah liat yang masuk ke dalam rumah saja.

Lokasi ke-empat di Dusun Parang Desa  Semen tebing longsor hingga menutup jalan ke arah  Perkebunan Kawisari namun sudah dibersihkan oleh warga.

“Tanah longsor ini diakibatkan oleh tanah yang basah akibat hujan yang mengguyur sebelumnya. Tanah menjadi berat hingga terjadi longsor,” katanya.

   Saat ini pihak BPBD dan kepolisian bersama masyarakat masih melakikan kordinasi dan bergotong royong membersihkan bekas longsoran yang terjadi.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.