BKPH Pasirian Ungkap Kasus IIlegal Logging

Lumajang, koranmemo.com- Belum genap seminggu BKPH Pasirian menangkap pelaku illegal Logging yang melibatkan kendaraan milik salah satu penegak hukum Polres Lumajang, Sabtu, (2/6/2018), sekitar pukul 22.30 wib, RPH Bago BKPH Pasirian kembali mengungkap kasus illegal logging, namun untuk kali ini pengungkapan ini terjadi dari penadah kayu hasil curian milik hutan negara.

Diketahui US (34) warga Dusun Randuan, Desa Gondoruso, Kecanatan Pasirian Kabupaten Lumajang , kerap membeli kayu hasil curian tersebut, dari HL, (38), EK, (32) keduanya warga dusun Karyorejo, Desa gondoruso Kecamatan Pasirian, dan Bambang juga warga desa. Gondoruso Kec. Pasirian yang mengetahui kedua rekannya tertangkap dirinya melarikan diri dan menjadi DPO.

“Kejadian penangkapan ini bermula dari informasi masyarakat yang kerap mengetahui di rumah US kerap dikirimi kayu curian dari ketiga pelaku,” ujar KSKPH Perum Perhutani Lumajang, H. Mukhlisin. Minggu (3/6/2018).

Ketiga pelaku terungkap setelah pengembangan yang dilakukan oleh pihak perhutani dan pihak Kepolisian untuk meminta keterangan dari US selaku penadah dalam kasus illegal logging tersebut.

Penangkapan ini terjadi setelah petugas perhutani mendapat laporan dari warga, yang kemudian pihak perhutani berkoordinasi dengan Polsek Pasirian dan Polres Lumajang guna melakukan penangkapan terhadap para pelaku.

“Kami bersama anggota polsek pasirian dan Polres Lumajang, menuju TKP dan ternyata benar bahwa dirumah tersebut terdapan balok kayu jati yang sudah diolah tanpa dilengkapi dengan dokumen kepemilikan,” paparnya.

Lebih jauh, petugas gabungan ini langsung menyerahkan para terlapor dan barang buktinya ke polres lumajang, guna penyidikan lebih lanjut.

Reporter : Abd Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date