Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi, Singapore Philatelic Museum

Koranmemo.com – Selama ini, museum selalu dianggap tempat yang kuno dan membosankan, sehingga jarang dikunjungi oleh masyarakat, terutama oleh generasi milenial.  Padahal, benda-benda di museum selalu menyimpan sejarah yang menarik untuk dipelajari.  Salah satunya adalah satu museum di Singapura yang memamerkan ribuan perangko dari masa ke masa, yakni Singapore Philatelic Museum.  Jika kalian adalah kolektor perangko atau filatelis, tempat ini merupakan surga bagi kalian.  Kalaupun tidak, museum ini bisa kalian jadikan sebagai sarana edukasi yang sangat informatif.

Singapore Philatelic Museum didirikan pada 19 Agustus 1995 di gedung bekas sebuah sekolah bernama Anglo Chinese School.  Sekolah ini dirancang oleh dua orang berkebangsaan Amerika Serikat yakni Tomlinson dan Lermit Architects dan mulai difungsikan sebagai sekolah pada tahun 1906.  Sebelum benar-benar diresmikan menjadi museum, bangunan ini juga sempat menjadi Telecommunication Authority of Singapore.

Museum ini memiliki dua lantai.  Ada tiga bagian menarik yang bisa kalian nikmati jika berkunjung ke Singapore Philatelic Museum.  Yang pertama adalah room of rarities atau ruang yang berisi perangko-perangko langka.  Di ruangan ini, kalian bisa melihat ribuan koleksi perangko sekaligus belajar sejarah surat menyurat di Singapura.

Museum ini menampilkan perangko tidak hanya dari Singapura saja namun juga negara lain.  Koleksinya sangat lengkap, bahkan mulai dari perangko pertama di dunia, yang keluar di tahun 1830-an, hingga perangko keluaran sekarang.

Kemudian yang kedua adalah heritage room atau ruangan warisan.  Berbeda di ruangan sebelumnya yang hanya menampilkan perangko, di ruangan ini, kalian bisa melihat kisah dan ilustrasi tentang budaya Singapura yang sangat majemuk.  Di ruangan ini kalian jadi tahu, kalau perangko di Singapura juga merekam kebudayaan negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini.

Bagian terakhir yang tidak boleh ketinggalan dari Singapore Philatelic Museum tentu saja adalah museum shop alias toko cinderamata.  Toko kecil tersebut menjual koleksi perangko, pernak-pernik surat menyurat seperti amplop, kertas surat bahkan kotak surat.

Kalau kalian ke sini dengan membawa anak-anak, museum ini juga menyediakan sejumlah permainan edukasi.  Salah satunya adalah snakes den atau sarang ular.  Anak-anak akan diajak bermain ular tangga dengan diri mereka sendiri sebagai pionnya.  Setiap kotak memberikan pengetahuan baru tentang dunia filateli.

Lokasi Singapore Philatelic Museum:

Museum ini terletak tidak jauh dari museum peranakan, yakni di 23 B Coleman Street Singapura.

Rute Menuju Singapore Philatelic Museum:

Untuk mencapai museum ini sangat mudah.  Ada banyak transportasi yang bisa kalian manfaatkan, mulai dari taksi online, MRT sampai bus.  Kalau taksi online, kalian tinggal pilih lokasi pasti diantar dengan selamat.  Namun jika kalian menggunakan MRT, kalian turun di Stasiun City Hall, Clarke Quay atau Bras Basah.  Setelah turun dari salah satu stasiun tersebut, kalian tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit. Namun jika kalian memilih menggunakan bus, kalian bisa turun di halte bus Hill Street.

Tiket Masuk:

Untuk menikmati itu semua, kalian juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.  Orang dewasa hanya perlu membayar sekitar SGD 6 atau Rp 84 ribu, sedangkan anak-anak membayar separuhnya atau Rp 42 ribu.

Jam Buka:

Kalian bisa berkunjung ke Singapore Philatelic Museum setiap hari.  Kalau kalian datang hari Senin, museum buka mulai pukul 13.00 – 19.00 waktu Singapura.  Sementara hari Selasa sampai dengan Minggu, kalian bisa datang mulai pukul 09.30 – 19.00 waktu Singapura.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date