Berkomitmen Wujudkan Kesetaraan Gender, Kota Kediri Raih APE 2018

Kediri, koranmemo.com – Perhatian Pemerintah Kota Kediri terhadap kesetaraan gender serta perempuan dan anak berbuah manis pada pencapaian prestasi. Kali ini, Anugerah Parahita Ekaparaya (APE) 2018 Kategori Madya  diterima oleh Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise kepada Wakil Wali Kota Kediri.  Penganugerahan tersebut menegaskan kota dengan tag lineThe Service City” ini menjadi kota yang ramah pada perempuan dan anak.

Seperti telah diketahui pada pertengahan tahun 2018 lalu pemerintah daerah juga telah mendapatkan predikat Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya, meningkat dari predikat sebelumnya yakni KLA kategori Pratama.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri, Apip Permana mengatakan, komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetearaan gender menjadi salah satu faktor yang mengantarkan Pemkot Kediri menerima APE 2018.

“Kota Kediri mengalami perkembangan luar biasa dalam pembangunan gender. Dari seluruh penjabat struktural di lingkungan pemerintahan, sebanyak 35 persen diduduki oleh wanita,” ujarnya.

Berdasarkan data tersebut, pemda memilki kesmipulan bahwa peran serta wanita juga dibutuhkan dalam pembangunan. Selain itu di sisi lain kodrat perempuan dalam keluarga juga sangat dibutuhkan untuk mengayomi, mendidik, dan merawat generasi muda.

Untuk itu selama kepemimpinan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, berbagai kegiatan wanita mulai dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) selalu digerakkan untuk mengadakan kegiatan positif. “Dipegang oleh para ibu-ibu yang bijaksana dan memiliki kearifan lokal menjadikan Kota Kediri memiliki performance yang luar biasa,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Penghargaan APE 2018 ini secara keseluruhan diberikan kepada sembilan kementerian dan lembaga, 22 pemerintah provinsi, dan 159 pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Indonesia.(adv)

Reporter:  Dhita Septiadarma

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date