Berkas Dilimpahkan, Bos Watu Dakon Resort Dijebloskan ke Penjara

Share this :

Madiun, koranmemo.com – Agus Suyanto, bos proyek Watu Dakon Resort di Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, dengan tangan diborgol dijebloskan ke tahanan.

Langkah penahanan dilakukan pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun tak lama setelah menerima pelimpahan berkas tahap kedua dari penyidik Polres Madiun, Selasa (28/7).

“Mengingat adanya Covid-19, seharusnya tetap ditahan dilapas, namun untuk pembukaan tempat tahanan atau ruang isolasi dilapas belum siap.  Sementara kita titipkan di Polres Madiun,” kata Kasi Pidum Kejari Kabupaten Madiun, Tri Satrio Wahyu Murti, Selasa (28/7).

Tersangka ditahan selama 20 hari ke depan sembari menunggu pihak kejaksaan mempersiapkan dakwaan dan pelimpahan ke pengadilan. Dalam pemeriksaan sebelum dijebloskan ke tahanan, jelasnya, tersangka mengakui kesalahannya yang telah mengeruk lahan tanpa mengantongi izin dari dinas terkait.

Pemeriksaan meliputi identitas tersangka, pembacaan dakwaan-dakwaan yang akan dibacakan saat persidangan nantinya.  Mengamankan berkas administrasi yang menjadi barang bukti seperi surat rekomendasi dan surat keterangan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). “Dalam pemeriksaan, tidak ada pengingkaran,” ujarnya.

Dalam kasus ini tersangka dijerat  Pasal 158 UU 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) dengan ancaman hukuman maksimal 10 dan Pasal 109 UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungqn Hidup (PPLH) dengan ancaman minimal satu tahun dan maksimal tiga tahun.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu