Berikan Kelonggaran, Tak Kejar Target Kurikulum

Kediri, koranmemo.com – Siswa mulai jenjang PAUD sampai SMA sederajat masih melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah masing-masing. Meskipun demikian, siswa tetap memperoleh materi pelajaran dari guru kelas dan guru mata pelajaran, namun tidak semua materi sama dengan kurikulum.

Saat ini satuan pendidikan tidak mengejar target penyelesaian materi pelajaran sesuai jadwal pembahasan kurikulum. “Sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), intinya masalah materi saat jangan mengejar target kurikulum,” jelas Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten dan Kota Kediri, Sidik Purnomo, Rabu (15/4).

Sidik mengatakan, pihak Mendikbud berharap kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan siswa saat ini.

“Terpenting, siswa selama belajar di rumah tetap sehat, mendapat ilmu, dan wawasan mengenai berbagai hal, tidak hanya pelajaran. Namanya belajar, tidak harus masalah subtansi yang ada pada kurikulum, misalnya masalah tata krama, saling menghormati antara anggota keluarga,” pungkasnya.

Namun, selama masa belajar di rumah ini, guru diharapkan tidak memberikan materi yang berlebihan, begitu pula dengan tugas-tugas harian. “Untuk kegiatan KBM kelas X dan XI kan masih berlangsung, tapi tetap memperhatikan kondisi siswa,” ucapnya.

Dengan demikian, guru juga menyesuaikan materi apa yang akan diberikan kepada siswa. Bahkan, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia (RI), juga menyiarkan pembelajaran jarak jauh melalui televisi dan radio milik negara. Diharapkan, materi tersebut menjadi wawasan baru bagi siswa.

Menurut Sidik, selama tiga minggu terakhir siswa hanya menerima materi, arahan, dan tugas dari guru melalui sistem dalam jaringan (daring). “Ini juga hasil evaluasi selama tiga minggu terakhir. Karena, kemampuan satuan pendidikan satu sama lain tidak sama, terutama sarana dan prasarana (sarpras) yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh,” ujarnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya