Berdampak Positif, Kapolres Kediri Tambah 12 Kampung Tanggung

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, kembali melaunching Kampung Tangguh Semeru (KTS) di 12 Desa Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Rabu (19/8). Ini lantaran, AKBP Lukman menilai KTS berdampak positif bagi masyarakat.

Perlu diketahui, 12 desa yang menjadi KTS ini yaitu Desa Pagu, Semen, Sitimerto, Semanding, Wates, Tanjung, Wonosari, Kambingan, Bulupasar, dan Jagung Kabupaten Kediri.

AKBP Lukman menjelaskan, virus corona atau Covid-19 sudah mewabah di semua wilayah, tak terkecuali Kabupaten Kediri sehingga masing-masing daerah dan lapisan masyarakat berusaha mengatasi pandemi ini.

Menurut AKBP Lukman, dengan terbentuknya kampung tangguh ini diharapkan terwujud kemandirian dalam mengatasi wabah virus Covid 19 beserta dampak-dampak yang ditimbulkan.

“Keberadaan kampung tangguh ini banyak manfaatnya dan sangat membantu dalam upaya mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan adanya sarana dan prasarana dalam situasi terberat, dapat mengatasi penyebaran wabah virus Covid-19 ini,” jelasnya.

Selain itu, kata AKBP Lukman, dengan adanya kampung tangguh, menjadikan warga desa lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ini juga sesuai dengan Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Dari hasil evaluasi, dengan adanya kampung tangguh, menjadikan warga desa lebih disiplin menjalankan protokol. Untuk itu peran masyarakat terutama Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa terhadap adanya Kampung Tangguh ini sangat besar,” ujarnya.

AKBP Lukman menilai, manfaat Kampung Tangguh ini tidak hanya meminimalisir penyebaran virus corona, tapi juga dapat menekan potensi-potensi tindakan kriminalitas.

“Untuk mendukung dan memaksimalkan upaya ini, kampung tangguh mempunyai fasilitas ruang isolasi, dapur umum, petugas pemusalaran jenazah yang sudah dilatih dan fasilitas pendukung lainnya,” imbuhnya

Dalam kegiatan launching ini, hadir Muspika Kecamatan Pagu, BPBD Kabupaten Kediri, Kepala Desa se-Kecamatan Pagu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan relawan Covid-19.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya