Beras BPNT untuk KPM di Jombang Kualitas Medium, Harga Rp 8.100 per Kilogram

Jombang, koranmemo.com – Beras bantuan pangan non tunai (BPNT) yang disalurkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Jombang, merupakan beras kualitas medium. Beras ini dipasok oleh Bulog, dengan harga Rp 8.100,- per kilogram.

Menurut keterangan Kepala Bulog Subdivre Surabaya Selatan Wilayah kerja Jombang-Mojokerto, Slamet Kurniawan, pada program BPNT kali ini, Perum Bulog ditunjuk sebagai penyedia barang bansos pangan berupa beras.

“Sebelum kita salurkan beras ke Kordinator wilayah supplier, beras yang kita keluarkan terlebih dulu dicek oleh tikor (Tim Koordinator) bansos pangan Kabupaten Jombang,” kata Kurniawan, (30/9).

Lebih lanjut Kurniawan menjelaskan bahwa wewenang Bulog dalam penyaluran BPNT di Jombang, hanya sebatas penyalur beras ke kordinator wilayah supplier di masing-masing kecamatan di wilayah Jombang, yang dibagi menjadi 4 orang.

Usai disalurkan, sambung Kurniawan, beras tersebut harus diproses ulang oleh pihak supplier yang dinaungi oleh tim kordinator wilayah supplier. “Dari kordinator wilayah supplier beras tetap akan dilakukan proses,” ujar Kurniawan.

Beras yang dikeluarkan Bulog dikirim ke para supplier melalui masing-masing Koordinator Wilayah supplier. Dimana supplier yang berjumlah 63 orang itulah, beras medium dengan kemasan 50 kilogram yang dikeluarkan Bulog diproses menjadi 8 kilogram.

Beras yang sudah diproses supplier kemudian dikirim ke para agen e-Warong untuk disalurkan ke para KPM. “Proses ini untuk proses pengarungan, proses pembersihan. Kita sudah minta kalau berasnya jelek harus dikembalikan,” tutur Kurniawan.

Saat ditanya berapa harga beras BPNT dibeli oleh kordinator wilayah supplier pada Bulog. Kurniawan mengatakan bahwa harga beras dari Bulog itu sesuai ketentuan.

“Harganya itu Rp 8.100,- per kilonya. Kalau biaya untuk proses kita tidak tahu karena kita tidak di dalamnya. Sesuai aturan harga beras BPNT ke KPM menjadi Rp 9.450,- itu harga HET dan ketentuan dari pemerintah,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Jombang, Moch. Saleh, membenarkan bahwa Bulog merupakan penyedia komoditi beras BPNT, termasuk menjadi manajer Supplier. “Bulog itu memang instruksi edaran Kementrian Sosial, bahwa penyedia komoditi BPNT beras khususnya itu Bulog,” kata Saleh.

Masih menurut Saleh, terkait dengan kualitas memang beras BPNT itu sudah kualitas standart kalau di Bulog. “Cuman kan berasnya ini kan kita minta, untuk Jombang harus beras panenan tahun 2019,” pungkas Saleh.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date