Berada di Tempat Wisata Tak Bermasker, Ini Sanksi Yang Diterapkan di Kediri

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Nekat masuk ke lokasi wisata Bendung Gerak Waru Turi Gampengrejo dan tidak menggunakan masker terkena sanksi menyapu di lokasi wisata tersebut. Ini terjadi setelah petugas gabungan Gugas Covid 19 Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri melakukan razia protokol kesehatan.

Masih banyak warga yang tidak paham dengan arti pentingnya protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19 saat ini terlebih Kabupaten Kediri kembali masuk zona oranye. Mengacu pada UU No 6 tahun 2020 tentang inpres sanksi bagi pelanggar prokes dan diperkuat Perbup 44 tahun 2020 petugas semakin tegas memberikan sanksi.

Kapolsek Gampengrejo AKP Syaiful Alam mengatakan, kesadaran warga di masa Pandemi Covid 19 ini hendaknya semakin tinggi untuk cegah tangkal Covid 19. Hal yang penting dilakukan adanya kesadaran untuk menggunakan masker saat dimanapun berada. Terlebih lokasi wisata belum sepenuhnya dibuka.

“Ada baiknya warga tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Jika keluar rumah hendaknya pakai masker,jaga jarak dan tidak berkerumun. Jika mereka mengabaikan prokes cegah Covid 19,bisa jadi berpotensi penyebaran Covid 19 bagi dirinya sendiri,keluarga dan tetangga,” ujarnya.

Mantan KBO Reskoba Polres Kediri Kota ini menambahkan sanksi untuk warga yang tidak bermasker dan nekat masuk di kawasan wisata masih tutup tetap kena sanksi. Menyapu lokasi wisata,menyanyikan Indonesia Raya, Push Up dan Scott Jump. Memakai masker adalah hal mudah dipakai karenanya harus disiplin.

“ Kita harapkan warga benar-benar patuh dan disiplin memahami dan menghayati protokoler kesehatan. Jangan main-main dan jangan meremehkan Covid 19 dan petugas senantiasa melakukan edukasi sosialisasi maksimal. Kami berharap agar warga teguh dengan prokes dimanapun,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu