Bencana Kekeringan Mulai Merambah Kota Blitar

Blitar, koranmemo.com – Musim kemarau sepanjang tahun ini tidak hanya dirasakan warga Blitar di kawasan selatan. Warga Kota Blitar mulai merasakan kesulitan mendapatkan air bersih akibat sumur – sumur mereka yang kering.

Mulyono (39) warga Jalan Trowulan RT 3 RW 6 Lingkungan Jurang Sembot, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, mengatakan, sekitar 10 hari terkahir sumur di rumahnya sudah kering. Kondisi itu tidak pernah terjadi tahun – tahun sebelumnya, dan baru musim kemarau tahun ini sumur miliknya tidak lagi mengeluarkan air.

“Mesin pompa menyala, tapi tidak keluar airnya. Sumber air sudah kering sekitar 10 hari yang lalu,” ujarnya, Kamis (7/11).

Situasi itu membuat Mulyono sampai harus mengambil air ke sungai. Sedangkan bantuan air bersih dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar baru datang kemarin, Rabu (6/11) malam, sebanyak satu tangki.

“Air sungai juga sudah surut, kebutuhan masak, dan minum saya beli jerikenan. Semoga segera ada bantuan lagi dari pemerintah untuk kondisi seperti ini,” katanya.

Warsinah warga lainnya mengaku belum mendapatkan bantuan air bersih dari Pemkot Blitar. Ketika droping air itu datang, dia tidak tahu. Sedangkan, pemenuhan kebutuhan setiap hari, dia harus meminta ke saudaranya.

“Mudah – mudahan ada bantuan lagi, karena bantuan air datangnya malam hari saya sudah tidur jadi tidak kebagian,” ujarnya.

Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (PBD), Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, baru mendapatkan informasi sumur kering di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul. Di daerah itu, sebanyak 10 kepala keluarga sumur mengalami kekeringan.

“Laporan yang masuk baru di Lingkungan Jurang Sembot yang mengalami kekurangan air bersih. Kondisinya sumur kering tidak ada air sebanyak 10 KK. Sedangkan untuk tempat lain, kami belum mendapat laporan,” terangnya.

Hakim meminta ketua RT untuk melapor ke PBD kalau ada warga yang kekurangan air bersih. Pihaknya akan mengirim bantuan air bersih jika ada warga yang kesulitan mendapatkan air bersih di Kota Blitar.

“Di Lingkungan Jurang Sembut sudah kami kirim satu tangki air bersih tadi malam. Jika ada daerah lain yang kekeringan, kami minta untuk melapor ke PBD agar segera kami kirim air bersih,” tandasnya.

Reporter zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date