Belasan Pengunjung Pasar Sambi Terjaring Razia Masker

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Petugas gabungan Satgas Covid 19 Kecamatan Ringinrejo, Kamis (1/10) pagi menggelar razia masker di Pasar Sambi Kabupaten Kediri. Hasilnya belasan pengunjung pasar terjaring razia di sisi Utara Pasar Sambi. Mereka terdiri dari ibu-ibu,remaja putra – putri dan anak-anak.Bagi yang tidak mengetahui adanya razia ini kaget.

Selanjutnya petugas mendata warga pelanggar protokol kesehatan ini dengan memberi sanksi menyanyi Indonesia Raya, hafalkan Pancasila dan hormat bendera bahkan ada yang menyapu lorong pasar. Belasan warga ini datang dari berbagai desa di Ringinrejo dan wilayah Blitar.

Kapolsek Ringinrejo AKP Didik Sigit melalui Kasi Humas Aipda Selo menyatakan,seharusnya di masa Pandemi Covid 19 ini warga paham bahaya Covid 19 dan tidak meremehkan Covid 19. Karena saat ini Kabupaten Kediri masih belum aman dari Covid 19 dan terbukti masih ada saja warga yang terpapar Covid 19.

Aipda Selo menambahkan,razia gabungan Satgas Covid 19 Ringinrejo ini berkelanjutan dan dilakukan secara acak dan dilakukan mendadak di wilayah yang berpotensi kerumunan masyarakat. Jika warga abai protokol kesehatan dan tidak menjaga diri dengan mengenakan masker berpotensi pula terpapar Covid 19.

“Kita memantau dengan serius kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan di wilayah Ringinrejo. Penerapan protokol kesehatan harus diterapkan dengan ketat. Kita juga mengacu pada Inpres no 6 tahun 2020 tentang disiplin kepatuhan warga terhadap protokoler kesehatan,” katanya.

Dijelaskan,karena kepatuhan warga masih rendah terhadap protokoler kesehatan,warga tidak menyalahkan petugas yang bertugas sesuai dengan mekanisme yang benar dan ada Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penindakan warga yang tak bermasker. Sosialisasi dan edukasi penerapan prokes akan berkelanjutan.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu