Bekuk Pengedar, Sita 13.000 Pil Dobel L

Kediri, koranmemo.com — Anggota Satreskoba Polres Kediri Kota, menyita 13.000 pil dobel L dari Suwandi (34) asal RT 01/RW 02 Dusun Blimbing Desa Blimbing Kecamatan Tarokan Kebupaten Kediri, Minggu (19/5) sekitar pukul 05.30 WIB. Suwandi diamankan petugas saat berada di rumahnya, setelah petugas mendapat informasi mengenai peredaran pil dobel L di wilayah tersebut.

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, AKP Kamsudi mengatakan, petugas yang memperoleh laporan segera mendatangi lokasi tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata Suwandi menyimpan pil di rumahnya. “Saat dilakukan pengeledahan oleh petugas, ternyata ditemukan pil dobel L berjumlah 13.000 butir yang disimpan di dapur,” jelasnya, saat ditemui Koranmemo.com.

Terlapor menyimpan barang haram tersebut di dalam ember sehingga petugas sempat mengamali kesulitan saat mencari barang tersebut. Pil dikemas dalam wadah plastik putih bening sebanyak 13 bungkus, dan tiap bungkus berisi 1.000 butir pil dobel L berwarna putih. Selain itu, petugas juga menyita sebuah telepon genggam dan uang tunai Rp 50.000.

Lewat telepon genggam tersebut, terlapor melakukan transaksi jual beli pil dobel L, sedangkan uang Rp 50.000 adalah hasil penjualan barang haram tersebut.  Terlapor dan barang bukti dibawa ke Mapolres Kediri Kota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pasalnya, jumlah pil yang dimiliki juga sangat banyak.

Akibat perbuatannya, terlapor diduga melakukan tindak pidana, lanjutnya, karena dinilai tanpa keahlian dan kewenangan melakukan pekerjaan kefarmasian. Pasalnya mengedarkan produk farmasi berupa obat jenis pil dobel L yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, maupun kemanfaatan dan mutu sesuai dalam rumusan Pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date