Bekuk Pencuri Hewan Penghisap Sabu

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com –  Sekali berenang dua tiga pulau terlampaui, pepatah ini mungkin pantas diberikan kepada Tim Opsnal Jatanras Satreskrim Polres Nganjuk. Ketika mengungkap kasus pencurian sapi, ternyata 3 tersangkanya pemakai sabu.

Mereka adalah, Rid (33) warga RT 003/RW 001 Dusun Sukonilo Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo, And (27) warga Dusun Kedungboto Desa Ngepung  Kecamatan Patianrowo, dan Tri (32) warga RT 037/RW 010 Dusun Gading Desa Sonoageng  Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

Sementara barang bukti yang diamankan, seperangkat alat hisap sabu terdiri dari 2 buah sedotan dan 2 buah botol, sebuah pipet kaca yang masih ada sisa sabu dengan berat kotor 2 gram, bekas bungkus rokok, timbangan digital, sebuah tas, korek api gas, dan satu unit mobil Avanza nopol AG 1668 VT warna putih beserta STNK.

“Pelaku diringkus petugas di jalan Desa Ngujung Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk, pada Sabtu, 28 April 2018 sekitar pukul 13.00 WIB. saat ini pelaku masih menjalani penyidikan,” kata Ipda Trubus Paur Humas Polres Nganjuk, Minggu (29/4).

Trubus mengungkapkan, diringkusnya 3 budak sabu itu berawal saat petugas melakukan pengungkapan DPO kasus pencurian  hewan atas nama tersangka Rid yang saat itu sedang mengendarai mobil Avanza nopol AG 1668 VT warna putih.

“Waktu itu tersangka Rid bersama And, Tri dan seorang perempuan berinisial Nov, dihentikan petugas di jalan Desa Ngujung. Setelah dilakukan penggeledahan terhadap Tri ditemukan barang bukti sabu yang dimasukkan dalam bekas bungkus rokok yang ditaruh di dalam dasbor mobil,” papar Trubus.

Sedangkan dari tersangka  Rid, lanjut Trubus, disita barang bukti berupa sebuah timbangan digital warna silver, dari tersangka And disita barang bukti berupa sebuah tas warna coklat berisi sebuah alat hisap sedotan dan botol kecil.

“Menurut pengakuan Rid, sebelumnya dia mengkonsumsi sabu bersama dengan And dan Tri. Mereka membeli sabu secara patungan dari seorang bandar yang saat ini masih dalam pengejaran,” jelasnya.

Selanjutnya, ketiga pelaku bersama barang bukti digiring ke Mapolres Nganjuk dan diserahkan ke Unit Lidik II Satresnarkoba Polres Nganjuk. “Ketiga pelaku akan dijerat dengan pasal 112 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) subsider pasal 127 ayat (1) huruf (a) UURI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” pungkas Trubus.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu