Bekuk Komplotan Begal Motor Antar Kota

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Komplotan begal sepeda motor yang beraksi di wilayah Blitar, dan Kediri Jawa Timur dibekuk. Polisi menangkap enam pelaku, empat diantaranya sebagai penadah.

Waka Polres Blitar Kota, Kompol Nurhalim mengatakan, tertangkapnya komplotan itu berawal dari penangkapan Fauzi (28) warga Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Awalnya, Fauzi bersama temannya Sugeng (29) warga Desa Candirejo Kecamatan Ponggok merampas sepeda motor yang dikendarai Arya Yuda Pratama (14), pelajar asal Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, akhir Agustus 2019.

“Terakhir, dia mencuri sepeda motor di dekat Alfamart di Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, pada 5 September 2019. Dia beraksi bersama satu temannya, Sugeng. Sugeng juga sudah kami tangkap,” ujar Wakapolres, Selasa (24/9).

Setelah penangkapan itu, diketahui mereka sudah beraksi di 10 tempat kejadian perkara (TKP). 8 TKP di wilayah Blitar, dan 2 TKP di Kabupaten Kediri. Sedikitnya 11 unit sepeda motor yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku.

“Fauzi ini residivis kasus pencurian dan perampasan sepeda motor juga.  Dia bersama temannya sudah beraksi di 10 TKP, delapan TKP di Blitar dan dua TKP di wilayah Kabupaten Kediri. Fauzi yang mengeksekusi, dan Sugeng sebagai joki,” ujar Kompol Nurhalim.

Fauzi yang ditangkap di Banyuwangi Jawa Timur terpaksa harus dilumpuhkan dengan timah panas lantaran berusaha kabur saat akan ditangkap. Kini, Fauzi bersama komplotannya harus mendekam di balik jeruji besi Polres Blitar Kota.  “Dari penangkapan Fauzi dan Sugeng, kami menangkap empat orang lagi yang menjadi penadah sepeda motor curian. Mereka sudah kami amankan di Mapolres,” tandas Wakapolres Blitar Kota.

Seperti diberitakan sebelumnya, Fauzi merampas sepeda motor yang dikendarai Arya Yuda Pratama (14), pelajar asal Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, akhir Agustus 2019. Saat itu, korban mengendari Honda Beat Nopol AG 6015 RBP sedang melintas di wilayah hutan Maliran. Pelaku menghentikan sepeda motor korban. Pelaku meminta paksa sepeda motor korban. Pelaku mengancam akan memukuli korban kalau tidak menyerahkan sepeda motornya.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date