Begini Persiapan Warga Tiong Hoa Di Blitar Menjelang Imlek

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Menyambut pergantian Tahun Baru Imlek, warga keturunan Tiong Hoa di Blitar mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya membersihkan tempat ibadah dan mempercantik klenteng dengan berbagai ornament khas imlek seperti lampion.

Warga tampak sibuk membersihkan setiap sudut Klenteng Poo An Kiong. Beberapa orang mengecat gapura klenteng dan di antara mereka membersihkan dinding dan langit-langit klenteng.

“Rangkaiannya di mulai sejak hari ini. Dimulai dengan membersihkan halaman klenteng,” ungkap A Kiu, juru kunci Klenteng Poo An Kiong, Kamis (15/1).

Selain menghilangkan debu yang menempel, pembersihan juga dilakukan dengan menggunakan air kembang. Begitu bersih, guci, tempat lilin dan tempat dupa tersebut diletakkan kembali ke tempat semula. Kegiatan pembersihan akan dilakukan secara bertahap.

“Tanggal 21 akan diadakan pembersihan patung dewa. Pada tanggal tersebut dewa sedang naik ke khayangkan dan saat itu kita bersihkan,” ungkap A Kiu.

A Kiu menambahkan kegiatan bersih-bersih klenteng ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Sementara kegiatan peribadahan akan dilaksanakan pada 24 Januari malam. Sedangkan puncak peringatan imlek akan diselengarakan secara sederhana dengan pertunjukan barongsai.

Reporter: Nuramid Hasjim
Editor: Della Cahaya