Begini Model TPS untuk Tarik Minat Pemilih

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com –┬áBerbagai cara dilakukan pihak penyelenggara Pilkada serentak 2018 untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Rabu (27/6). Di Kabupaten Nganjuk ada TPS (tempat pemungutan suara) yang menggunakan konsep ala-ala orang hajatan guna menarik minat pemilih.

Terlihat penyelenggara TPS 1 Kelurahan Ganungkidul Kecamatan/ Kota Nganjuk, mendesain semirip mungkin dengan orang yang sedang mengadakan hajatan, berupa mantenan. Terdengar alunan musik bernuansa gamelan jawa mengalun sepanjang kegiatan.

Bukan hanya itu, di pintu masuk TPS juga terpasang janur kuning serta beberapa gantungan pernak-pernik layaknya orang mantenan. Selain itu, para petugas TPS juga mengenakan busana adat Jawa lengkap. Bahkan, cara mempersilahkan para pemilihpun dibuat semirip mungkin seperti orang hajatan.

“Silahkan bagi bapak ibu yang sudah menyalurkan hak pilihnya, untuk menikmati makanan dan hidangan yang telah kami siapkan,” ujar petugas TPS 1 Ganungkidul kepada warga yang datang ke TPS.

Siti Nurjanah, warga pemilih asal Nganjuk mengaku tertarik dengan konsep TPS bertema pernikahan dengan adat Jawa atau yang biasa disebut dengan mantenan. “Ini sangat unik dan menarik. Sehingga, bisa menggugah minat bagi masyarakat untuk hadir dan menyalurkan hak suara dalam Pilkada serentak 2018,” ungkapnya.

Bagi pemilih yang sudah memilih dan menikmati hidangan dari panitia, terlihat mereka mengeluarkan ponsel dan menuju ke spot-spot menarik untuk berswafoto. Selain itu, pemilih juga diberi kupon undian dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik bagi yang beruntung.

“Ini seru sekali, karena ada juga kupon undian dengan hadiah menarik, seperti tas hingga perkakas dapur. Semoga nanti beruntung dan bisa dapat hadiah,” tutur pemilih yang lain.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu