Begini Cara Petugas TPS Menarik Minat Pemilih

Nganjuk, koranmemo.com – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya  masyarakat Indonesia melaksanakan pesta demokrasi Pemilu serentak 2019, Rabu (17/4). Bukan hanya para peserta kontestasi saja yang berlomba-lomba menarik hati pemilih, rupanya para petugas TPS juga berinovasi untuk menarik minat pemilih agar mau datang ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk menyuarakan hak konstitusinya.

Di Kabupaten Nganjuk, beberapa TPS sengaja menyajikan tampilan yang unik dan berbeda dari TPS yang lain. Sebut saja mulai pakaian yang dikenakan petugas, dekorasi ruang pemungutan suara, hingga penyambutan yang diberikan kepada pemilih.Pantauan koranmemo.com, seperti yang dilakukan oleh TPS 07 di Desa Patihan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Petugas mendesain pintu masuk di TPS tersebut layaknya orang yang menggelar hajatan. Selain itu, petugas yang menerima kedatangan pemilih juga mengenakan pakaian adat Jawa. “Di sini relatif lancar, pemilih tidak ada yang bingung meskipun harus mencoblos lima surat suara,” ungkap salah satu petugas kepada koranmemo.com.

Pemandangan serupa juga terlihat di Desa Tanjungkalang dan Pojok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Di TPS tersebut para petugas mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan blangkon di kepala. Bahkan, petugas juga menyediakan pisang bagi pemilih di pintu masuk untuk dijadikan sebagai sarapan maupun sekedar cemilan.

Bukan hanya itu, ketika mengambil pisang di pintu masuk, pemilih juga disuguhi pesan moral yang diberikan oleh petugas TPS. Pesan itu bertuliskan ”Meskipun pilihan kita berbeda-beda kita tetap bersaudara satu bangsa Indonesia…Merdeka!!!”. Bendera merah putih yang dikibarkan di dekatnya pun seolah menjadi pemantik jiwa nasionalisme.

“Ini sangat kreatif. Sederhana namun pesan yang disampaikan begitu kuat. Saya setuju, meskipun pilihan berbeda-beda, kita harus tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia,” ujar Karyono, salah satu pemilih asal desa setempat.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date