Begini Cara Aktivis Peringati Hari Bumi Internasional

Share this :

Jombang, koranmemo com – Hari Bumi Internasional yang diperingati setiap tanggal 22 April, sejumlah aktivis pecinta alam gabungan asal kota santri, menggelar aksi di depan Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (22/4) pagi.

Dalam aksi yang dinamai Sejuta Surat Untuk Selamatkan Bumi tersebut, para aktivis membentangkan spanduk dan poster berisi pesan pelestarian lingkungan hidup.

Koordinator aksi peringatan hari bumi, Frendi Nur Diansyah mengatakan, aksi sejuta surat ini untuk memberikan pesan kepada seluruh masyarakat agar lebih memperhatikan lagi kondisi lingkungan sekitar.

“Banyak konflik diakibatkan oleh sampah. Setidaknya di sini kita menyadarkan masyarakat terkait soal bahaya sampah,” kata Frendi saat diwawancarai di sela aksi.

Selain pesan moral yang disampaikan ke masyarakat terkait lingkungan, lanjut Frendi, pesan tersebut juga disampaikan langsung ke pemerintah setempat. Mereka berharap adanya tempat pembuangan sampah lebih banyak lagi di Jombang.

“Untuk di beberapa kecamatan tolong disediakan juga TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” tandas Rendi yang juga sebagai Ketua Umum Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Trisula Universitas Darul ‘Ulum Jombang ini.

Sementara, melihat adanya aksi, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab lantas menghampiri puluhan aktivis lingkungan di depan pedopo.

Bupati juga menyatakan, Pemerintah Kabupaten Jombang mendukung penuh gerakan para aktivis lingkungan tersebut.
“Saya mengapresiasi semangat masyarakat ini untuk menjadikan jombang bersih dari sampah,” tutupnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu