Beberapa Fraksi di DPRD Kota Surabaya Desak Penetapan Ketua Dewan Definitif

Surabaya, koranmemo.com – Meski sudah dilantik sejak Sabtu (24/8), anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024 ternyata hingga kini belum menentukan ketua DPRD definitif. Untuk itu sejumlah fraksi mendesak agar segera dilakukan penetapan ketua DPRD definitif.

Ketua Fraksi PAN-PPP, DPRD Kota Surabaya, Hamka Mudjiadi Salam, S.H., M.H. mendesak agar segera dilakukan penetapan Ketua Dewan definitif. “Kami sarankan agar segera membentuk ketua DPRD definitif. Karena, masih banyak yang menunggu dengan ditetapkannya Ketua Dewan definitif. Seperti, alat kelengkapan dewan yang lain, dan komisi-komisi semuanya,” sebut Hamka Mudjiadi Salam saat ditemui di ruang kerjanya.Dia menjelaskan bahwa, pihaknya pada sebelum bekerja, harus ada peraturan tata tertib (tatib) terlebih dahulu dan peraturan tatib ini yang mengesahkan yaitu, Ketua DPRD definitif, serta itupun masih menunggu lagi.

 “Jadi, kami sebagai anggota dewan dan ketua fraksi kan sebagai wakil rakyat, juragan’e yo rakyat harus dilayani, bahkan masyarakat ini menunggu dewan masing-masing Daerah pilihan (Dapil) nya untuk turun menjaring aspirasi masyarakat itu semua,” terang Ketua Fraksi PAN-PPP DPRD Surabaya, Hamka Mudjiadi kepada koranmemo.com, Kamis (5/9/2019).

Dituturkan bahwa, kalau alat kelengkapan dewan (AKD) dan komisi-komisi sudah terbentuk, baru bisa terlayani masyarakat ini, kemudian lanjutnya kalau menunggu ketua dewan definitif tak kunjung selesai, maka tentunya akan mengganggu dari pada kinerja anggota dewan itu sendiri,” ujarnya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya, Arif Fathoni, S.H., berprinsip bahwa pihaknya menghormati proses yang sedang berlangsung di teman-teman fraksi partai PDI Perjuangan mengenai penunjukan nama ketua DPRD definitif nanti. Karena bagaimana pun juga tiap partai punya mekanisme sendiri-sendiri. Keberadaan pimpinan sementara DPRD ini tidak lantas menghilangkan fungsi kedewanan.

Lanjutnya pihaknya juga bisa menampung aspirasi, dan kebutuhan masyarakat terkait pelayanan, itu semua bisa bersinergi dengan OPD (organisasi pemerintahan daerah) terkait, “Jadi tidak membuat sampai DPRD ini lumpuh kok sebenarnya,” terangnya, saat ditemui di ruang Fraksi Golkar DPRD Surabaya.

Maka Arif berharap, berangkat dari rasa hormat di kubu partai lain itu harapannya agar segera diputuskan, sehingga segera membahas tatib yang baru, meskipun hari ini, Kamis (5/9), sudah dilakukan pembahasan.

Reporter M Fauzi
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date