Bayi Mungil Dibuang di Sawah

Jombang, Koran Memo – Warga Dusun / Desa Pulorejo Kecamatan Ngoro, digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan yang diperkirakan masih berusia tiga hari. Bayi malang berbobot 3,2 kilogram ini ditemukan warga di pinggir jalan area sawah dusun setempat, Rabu (28/10) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat ini bayi tersebut masih berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, untuk mendapatkan perawatan medis.

Lokasi penemuan bayi (agung/memo)
Lokasi penemuan bayi (agung/memo)

“Bayi ditemukan warga setempat yang sedang pergi ke sawah. Kondisi bayi sehat. Saat ditemukan bayi mengenakan baju berwarna putih dengan selimut warna merah motif bunga,” ujar Kasubbag Humas Polres Jombang, Ipda Dwi Retno Suharti.

Retno menjelaskan, penemuan bayi ini bermula saat Naryo (48) warga setempat hendak pergi ke sawah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika berjalan, dia dikagetkan dengan suara tangis bayi.

Karena penasaran, Naryo lantas mencoba menyisir sekitar lokasi. Beberapa saat melakukan penyisiran, Naryo akhirnya menemukan selimut berwarna merah motif bunga yang teryata digunakan membungkus bayi.

Selanjutnya Naryo memberitahuan temuannya ini ke Susilo (39) kepala dusun setempat, yang dilanjutkan melapor ke Polsek Ngoro. Tidak lama kemudian polisi bersama petugas medis Puskesmas Ngoro sampai dilokasi.

Disitu petugas segera memeriksa kondisi bayi. Dari pemeriksaan, diketahui kondisi fisik bayi yakni bibir atas sumbing, daun telinga kiri agak kecil. Selanjutnya, petugas membawa bayi ke puskesmas. Usai di rawat di puskesmas, petugas lantas membawa bayi tersebut ke RSUD Jombang.

“Bayi sementara berada di RSUD. Sedangkan petugas kepolisian masih menghimpun keterangan saksi-saksi yang dimungkinkan melihat siapa orang tua yang tega membuang bayinya tersebut,” pungkas Retno. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date