Bawaslu Copot APK Peserta Pemilu

Nganjuk, koranmemo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nganjuk berkoordinasi dengan Satpol PP Pemkab Nganjuk, melakukan pemberedelan terhadap sejumlah APK (Alat Peraga Kampanye), Rabu (21/11) pagi. Sejumlah APK berupa Banner serta baliho yang terpampang di pinggir jalan terpaksa harus diturunkan petugas lantaran dinilai menyalahi aturan.

Abdul Azis, Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP Pemkab Nganjuk untuk proses pemberedelan. Ia menekankan, sejumlah APK yang diturunkan adalah yang menyalahi Perda.”Tidak semua kami turunkan. Hanya beberapa APK yang menyalahi Perda. Juga beberapa titik pemasangan yang tidak sesuai dengan ketentuan PKPU,” jelasnya saat dikonfirmasi koranmemo.com.

Kegiatan diawali di jalan Pramuka. Di sini petugas membredel beberapa APK Caleg, karena pemasangan APK menyalahi Perda Kabupaten Nganjuk. Proses pemberedelan dilanjutkan menuju ke jalan-jalan protokol.

“Pemasangan yang tidak benar juga kita copot, misalnya dipaku atau dipasang di sembarang tempat,” imbuh Azis.

Sebelumnya, Bawaslu telah memanggil calon anggota legislatif untuk memasang APK dengan benar. Tetapi karena tidak ada tindakan dari Caleg, maka Bawaslu bersama Satpol PP mengambil tindakan dengan membredel paksa APK yang ada di pinggir jalan-jalan protokol.

Sementara itu, Sutikno, Kasi penertiban Satpol PP Pemkab Nganjuk mengatakan, pihaknya sebagai penegak Perda telah membuat kesepakatan dengan Bawaslu terkait penertiban APK Caleg. “Hasil dari penertiban kali ini disimpan di Kantor Bawaslu Nganjuk.

Reporter: Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date