BATC 2020: Kalahkan Tuan Rumah 5-0, Tim Putri Indonesia Tantang Thailand

Manila, koranmemo.c9m – Tim putri Indonesia menyelesaikan tugas pertama di babak penyisihan grup Y Badminton Asia Team Championships 2020 dengan menundukkan tuan rumah Filipina 5-0, Rabbu (12/2). Selanjutnya tim Merah Putih akan menantang Thailand pada Kamis (13/2).

Gregoria Mariska Tunjung membuka kemenangan tim Indonesia dengan mengalahkan Airah Mae Nicole Albo, dengan skor 19-21, 21-11, 21-9. Di awal permainan, Gregoria sempat kewalahan mengatasi permainan lawan, namun ia tak menemukan hambatan di game kedua dan game penentuan.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang dua set langsung atas Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar, pada partai kedua, dengan skor 21-18, 21-12. Ruselli Hartawan menjadi penentu kemenangan tim Merah Putih dengan merebut angka ketiga setelah mengalahkan Maria Bianca Ysabel Carlos dengan skor 21-10, 21-18.

Ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto tak menemukan hambatan berarti saat melawan Joella Geva De Vera/Lunod Chanelle. Mereka menang dengan skor telak, 21-7, 21-8. Pemain junior Putri Kusuma Wardani yang turun di partai kelima, menyempurnakan kemenangan Indonesia dengan mengalahkan Sarah Joy Barredo, 21-19, 21-14.

“Hasil ini sesuai dengan prediksi, kami bersyukur bisa menang 5-0. Sebetulnya yang agak dikhawatirkan di tunggal ketiga, karena ini kan pengalaman pertama buat Putri, tapi ternyata di game pertama dia lepas, di game kedua bisa main normal,” komentar Susy Susanti, manajer tim Indonesia seperti dilansir situs resmi PBSI.

“Secara keseluruhan, atlet main cukup oke, meskipun di awal masih ada adaptasi. Seperti Gregoria, lawannya kan pemain kidal, jadi beberapa kali salah antisipasi. Di awal masih adu cepat-cepatan, datar-dataran, dan ini menguntungkan untuk lawan,” katanya.

Susy berharap kemenangan ini menjadi bekal bagi tim putri untuk menghadapi tim Thailand yang jauh lebih berat, Kamis (13/2).

Editor Achmad Saichu