Baru Dilantik, 56 Kades Ini Dapat Peringatan Kejari

Ponorogo, koranmemo.com – Puluhan Kepala Desa ( Kades) terpilih dalam Pilkades 2018 yang baru dilantik, dipastikan tidak akan bisa tidur nyenyak. Ini setelah pihak Kejaksaan Negeri ( Kejari) Ponorogo berencana akan mengevaluasi progres pelaksanaan Dana Desa (DD) tahun 2018.

Tak tanggung-tangbung, 56 desa milik Kades baru ini akan menjadi prioritas utama kejaksaan dalam mengevaluasi penyerapan DD senilai total Rp 316 miliar tersebut.

Hal ini disampaikan Kasi Intel Kejari Ponorogo, Iwan Winarso usai menghadiri pelantikan 56 Kades baru di Pendopo Kabupaten. Ia menekankan, kades yang baru dilantik oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, diharapkan untuk segera menyiapkan data terkait progres pelaksanaan DD.

“Baik perencanaan dan pelaksnaannya akan kita lihat.  Kita akan turun dan melihat sejauh mana DD dilaksanakan apakah sesuai ketentuan apa tidak, dalam waktu dekat kita akan turun ke desa mereka,” ujarnya, Kamis (13/9).

Iwan menekankan, agar 56 Kades baru ini tidak main-main dengan anggara DD. Karena sudah banyak Kades di Jawa Timur yang terjerat kasus korupsi DD dan APBDes.

“Kami minta jangan menyalahgunakan jabatan dan kewenangan untuk memanfaartkan Dana Desa. Sudah banyak yang terjerat hukum karenanya,” tandasnya.

Perlu diketahui, sebanyak 56 Kades terpilih dalam Pilkades yang dilaksanakan serentak pada 31 Juli lalu, dilantik oleh Bupati Ipong. Dalam pelantikan ini tidak hanya melantik 56 Kades terpilih, Bupati Ipong juga melakukan pergantian posisi Kades di 2 Desa karena mencalonkan diri dalam Pileg.

Reporter: Zainul

Editor: Della Cahaya