Bapaslon Bupati Blitar Mulai Jalani Tes Kesehatan

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Blitar mulai menjalani serangkaian tes kesehatan di RS Saiful Anwar Malang, Selasa (8/9). Tes ini menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui calon sebelum ditetapkan sebagai calon.

Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni Rijanto-Marhaenis Urip Widodo dan Rini Syarifah-Rachmat Santoso menjalani tes kesehatan lengkap di ruangan dan di tempat yang sama.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa menjelaskan, sesuai dengan jadwal,  tes digelar mulai 8-10 September. Selain tes kesehatan juga harus menjalani tes psikologi. Hari pertama tes kesehatan sementara hari kedua tes psikologi.

RS Saiful Anwar dipilih karena memang sesuai dengan syarat, yakni harus rumah sakit tipe A. Di Jawa Timur, Kota Malang adalah kota yang terdekat dibanding dengan Surabaya.

Sementara itu pelaksanaan tes kesehatan juga mendapat perhatian dari Bawaslu Kabupaten Blitar. Bawaslu turun tangan untuk mengawasi proses pelaksanaan tes kesehatan berlangsung sesuai undang-undang yang berlaku.

Baca Juga: Dana Bantuan UMKM di Nganjuk Belum Cair, Begini Kata Disperindag

Baca Juga: Karyawan Terpapar Covid-19, Bank Bukopin KCU Malang Alihkan Kantor Pelayanan

“Seperti ambil sampel darah, rontgen harus sesuai dengan aturan. KPU juga sudah koordinasi dengan rumah sakit,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar A. Hakam Sholahudin.

Dia menjelaskan, hasil tes kesehatan selanjutnya akan diserahkan ke KPU Kabupaten Blitar. “Tes kesehatan ini juga dalam rangka menentukan lolos tidaknya bakal calon. Baik dalam kesehatan jasmani dan rohani,” katanya.

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi

Editor: Della Cahaya