Banyak Varietas Durian Yang Belum Terdaftar di Kementan

Trenggalek, Koranmemo.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertapan) Kabupaten Trenggalek harus melakukan upaya jemput bola terkait varietas durian. Pasalnya, hingga saat ini ditengarai masih banyak varietas durian yang ada dan belum didaftarkan di Kementerian Pertanian (Kementan). Terlebih Kabupaten Trenggalek menyandang julukan international durio forestry (IDF).

Agung Ridhoh, Kepala Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dispertapan Kabupaten Trenggalek mengatakan, durian yang ada kebanyakan hidup di daerah hutan sehingga saat ini ada berbagai macam varietas yang belum diketahui masyarakat umum. Sebab, masyarakat yang memeliharanya hanya mengetahui itu adalah durian.

“Jadi dimungkinkan masih banyak varietas durian lain yang ada dan memiliki nilai jual tinggi. Namun belum sepenuhnya diketahui,” ujarnya kepada awak media saat dikonfirmasi.

Hal itu, lanjut Agung mmembuat nama varietas durian di Trenggalek masih kurang familiar didengar oleh masyarakat umum. Dari situ perlu dilakukan berbagai upaya agar Trenggalek bukan hanya dikenal karena memiliki kebun durian terbesar di Asia Tenggara, namun juga memiliki varietas durian yang memiliki daya saing.

“Jika varietas durian sudah diketahui bagus, pastinya membuat harganya tinggi, maka kami akan mengupayakan hal itu,” kata Agung.

Salah satu upaya yang dilakukan Dispertapan adalah dengan melakukan kontes durian, bagi masyarakat yang memiliki varietas durian yang belum dikenal selama ini. Hasil kontes tersebut akan didapatkan juara yaitu varietas durian yang dinilai bagus dan layak jual. Setelah itu, varietas durian tersebut langsung didaftarkan ke Kementan, agar diakui sebagai varietas durian unggulan di Trenggalek.

“Kami akan terus berupaya untuk hal itu, seperti pada kontes durian yang baru diadakan. Ada varietas durian baru dari Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak dengan usia 100 tahun lebih. Nantinya juga akan kami daftarkan ke Kementan,” jelasnya.

Dari situ akhirnya terlahir beberapa varietas durian yang memiliki daya saing, seperti durian Ripto, Rindu, Kunir jiman dan sebagainya. Setelah itu, varietas yang telah didaftarkan akan dikembangkan agar bisa ditanam di berbagai daerah di Kabupaten Trenggalek.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date