Banyak Siswa Bolos di Warnet, Ini Sikap Dewan Kota Blitar

Share this :

Blitar,koranmemo.com-Masalah siswa membolos di Kota Blitar rupanya sudah menjadi bahasan khusus di DPRD Kota Blitar. Pada Kamis (18/1) telah mengundang Dinas Pendidikan beserta seluruh kepala sekolah di Kota Blitar bersama Satpol PP untuk membahas permasalahannya ini.

 Dewan berharap dinas terkait mengambil langkah tegas dalam menindak siswa yang membolos maupun pemilik usaha yang membiarkan siswa berkunjung ke tempat usahanya saat jam efektif belajar.

Seperti diketahui saat ini warung internet (warnet) menjadi tempat sasaran favorit siswa saat membolos. Dibuktikan dari data razia Satpol PP beberapa waktu lalu bahwa kebanyakan siswa membolos di warnet. Membolos di warnet ini tidak terjadi sekali bahkan dilakukan berkali-kali oleh siswa yang sama.

“Maka dari itu kali ini kita membahas peraturan dinas dalam pemberian sangsi tegas bagi siswa membolos bersama dinas pendidikan,” ungkap Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar, Henry Pradipta Anwar.

 Peraturan dinas (perdin) ini dibuat supaya siswa yang bandel akan berhenti membolos. Setelah ada sanksi tegas kepada siswa yang membolos. Diwacanakan ketika siswa terkena razia Satpol PP saat membolos, siswa akan dikembalikan ke orang tua atau dikeluarkan dari sekolah.

“Tadi Pak Kepala Dinas Pendidikan sepakat kalau seminggu akan jadi draftnya. Nanti kalau sudah jadi draftnya kita rapatkan lagi lalu sosialisasi itu juga. Setelah itu baru diterapkan peraturan baru ini,” ujarnya.

 Selain itu, dia menambahkan pemilik usaha warnet tempat siswa bolos juga dibuatkan peraturan. Teknisnya hampir sama diwacanakan kalau warnet kedapatan memperbolehkan siswa bermain saat jam sekolah dan di razia Satpol PP maka bisa ditutup izinnya.

 “Sebenarnya itu terkait perizinan, kalau Pak Kasatpol PP tadi bilang kalau 3 kali ditemukan siswa membolos di sana maka akan dicabut izinnya atau bisa ditutup. Tapi sebelumnya akan ada imbauan di warnet dengan pamflet-pamflet tidak boleh menerima siswa,” katanya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.