Banyak Bus Tak Laik Jalan

Share this :

Jombang, Koran Memo – Jelang musim mudik lebaran, tim gabungan Polres dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang menggelar razia kendaraan angkutan umum jenis bus di terminal Kepuhsari Peterongan, Kamis (2/7) pagi. Hasilnya, petugas banyak menemukan bus yang tidak laik jalan. Indikasi tersebut terlihat dari penggunaan ban vulkanisir hingga kaca mengalami pecah. Kendaraan yang tak laik jalan akhirnya ditilang.

Petugas usai memeriksa bus AKAP (agung/memo)
Petugas usai memeriksa bus AKAP (agung/memo)

Selain itu pengemudi juga diminta mengganti bagian kendaraan yang membahayakan. Tidak hanya fisik kendaraan, petugas juga memeriksa surat-surat kendaraan, mulai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pengamatan Koran Memo, petugas gabungan ini langsung melakukan pemeriksaan begitu ada bus antar kota dalam propinsi (AKDP) dan antar kota antar propinsi (AKAP) memasuki terminak Kepuhsari. Petugas memeriksa ¬†kelayakan kendaraan yang nantinya dijadikan transportasi mudik lebaran masyarakat. “Masih banyak kendaraan angkutan lebaran tidak layak jalan. Semisal menggunakan ban vulkanisir. Mereka langsung kita tilang serta kami minta mengganti ban tak layak itu,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Jombang, Imam Sujiono.

Imam menambahkan, razia itu digelar untuk memberikan keamanan pengguna kendaaraan selama arus mudik. Karena jika selama mudik masih ada angkutan lebaran tidak layak jalan, maka membahayakan penumpang. “Razia ini akan terus digelar. Sehingga rasa aman pada pengguna armada bus bisa terjamin,” pungkasnya.(ag)