Bantu Pemasaran Produk UMKM Trenggalek, Konsumen Cukup Klik Sesuai Kebutuhan di Website

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Untuk meningkatkan daya saing dan daya beli masyarakat, Trenggalek memiliki kanal website jual beli secara online. Pergeseran pola transaksi dari konvensional menjadi digital ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan sebagai upaya pencegahan Pandemi Covid-19, sekaligus memudahkan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dengan biaya yang lebih terjangkau. Nantinya, konsumen hanya tinggal klik memilih sesuai kebutuhan ketika berbelanja.

Platform digital e-brosur ini merupakan terobosan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Trenggalek, sebagai fasilitas untuk membantu pemasaran berbagai produk UMKM di Trenggalek. “Para pelaku usaha mikro akan dipermudah pemasarannya dengan hadirnya aplikasi e-brosur. Pada kanal ini produk-produk UKM akan dipasarkan secara online, sehingga mempermudah calon pembeli untuk bisa mengakses produk UKM yang ada,” kata Ketua TP-PKK Trenggalek, Novita Hardini.

Kehadiran platform digital ini diharapkan semakin membuka peluang produk UMKM Trenggalek agar mampu bersaing secara global dan tidak hanya berkutat di daerah. Platform ini tengah disiapkan. “Dengan begitu peluang untuk laku semakin besar dan para pelaku UKM tidak perlu keluar uang banyak untuk menyediakan lapak dagangan di sebuah outlet yang sewanya mahal,” kata Novita.

Selain menampung banyak produk-produk dari berbagai skala produksi, untuk menunjang daya saing di pasar global, Novita menyebut, akan ada influencer yang membantu mengunggah di kanal tersebut, sehingga lebih dikenal masyarakat luas. “E-brosur nanti berupa website yang akan di pasang distatus atau sosial media influencer-influencer yang ada di Trenggalek. Setiap dua hari sekali ada yang selalu diupdate, sehingga bila di-klik dalam website itu ada produk semua UMKM yang ada di Trenggalek,” ujarnya.

Usai di-klik, kata Novita, seluruh produk yang telah terdaftar di website tersebut akan keluar dan calon pembeli hanya tinggal menekan tombol klik lanjutkan yang nantinya akan terhubung kepada penjual melalui whatsapp. Novita berharap seluruh usaha mikro, baik yang ada di pelosok desa hingga berbagai skala produksi dapat tertampung di kanal tersebut. “Harapan kami bisa memudahkan pelaku usaha, sehingga mereka hanya fokus menjaga kualitas produknya. Mulai dari rasa, PIRT, BPPOM, sertifikat halal, packaging dan lain sebagainya. Sedangkan kami membantu pemasaran yang baik,” kata Novita.

Novita berharap inovasi ini bisa memantik geliat ekonomi masyarakat agar kembali tumbuh setelah melumpuh akibat dampak pandemi. Untuk menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat, Trenggalek juga memberikan berbagai stimulus maupun pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha. Termasuk menyediakan platform digital pasartrenggalek.com, sebuah website yang mewadahi kebutuhan pokok di pasar tradisional dan sejumlah upaya lainnya. “Ini kami lakukan untuk memfasilitasi pelaku UMKM yang mungkin belum bisa menjangkau Galeri Gemilang,” pungkasnya.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Achmad Saichu