Balai Bahasa Jawa Timur  Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang

Nganjuk, koranmemo.com – Balai Bahasa Jawa Timur menggelar sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang, Rabu (9/10) pagi, di Ruang Rapat Roro Kuning, Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Selain unsur ASN (Aparatur Sipil Negara), berbagai pihak di luar kedinasan juga dilibatkan sebagai wujud kepedulian tentang pentingnya menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Drs. Mustakim M.Hum., mengungkapkan sosialisasi ini sebagai wujud pelaksanaan kebijakan di dalam pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa dan sastra di seluruh wilayah Jawa Timur. “Meskipun kami berada di bawah kementerian pendidikan, tugas kami ini sebenarnya boleh dikatakan lintas kementerian. Karena disamping menangani pembenahan bahasa di lingkungan pendidikan, kami juga menangani penggunaan bahasa di kementerian-kementerian yang lain,” ungkapnya.

Mustakim menyebut tugasnya juga memartabatkan bahasa Indonesia di ruang publik, sebagaimana kegiatan yang digelar pada kesempatan tersebut. Ia juga menekankan pentingnya mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia di badan publik, lembaga pendidikan, hingga di media massa.

Kegiatan sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang ini merupakan kegiatan kedua di Kabupaten Nganjuk, setelah minggu lalu melakukan pemantauan penggunaan bahasa di seluruh wilayah Nganjuk.

“Ada satu lagi yakni kegiatan berupa penyuluhan penggunaan Bahasa Indoensia pada ruang publik. Mengapa kegiatan ini perlu kita lakukan, karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, bahasa nasional, dan bahasa negara kita,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga, dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk, Drs. Supiyanto M.M., menyampaikan terima kasih kepada pihak Balai Bahasa Jawa Timur yang telah menjadikan Pemkab Nganjuk, sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Ia juga mengapresiasi pelibatan berbagai pihak, mulai lembaga pendidikan, lintas organisasi, komunitas, hingga perwakilan perusahaan, untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Ini merupakan kebahagiaan dan kehormatan bagi kita karena bisa digunakan kegiatan seperti ini. Baru kali ini, sebelumnya belum pernah ada yang seperti ini,” tuturnya.

Supiyanto mengatakan sosialisasi ini akan memotivasi teman-teman ASN di lingkup Pemkab Nganjuk, maupun teman-teman di luar ASN untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Sejak Orba (orde baru) runtuh, penggunaan Bahasa Indoensia di kalangan birokrasi makin lama makin menurun dan tidak sesuai kaidah bahasa yang sebenarnya,” katanya.

Reporter Andik Sukaca/Muji Hartono
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date