Bakal Perkenalkan AKM ke Siswa Kelas XII

Kediri, koranmemo.com – Siswa kelas XII sekolah menengah atas (SMA) sederajat dijadwalkan wajib mengikuti gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Februari mendatang. Selain mata pelajaran (mapel) yang diujikan, siswa akan diperkenalkan assesment kompetensi minimum (AKM).

“Masih pengenalan, jadi ini sebagai persiapan untuk pelaksanaan ujian 2021,” jelas Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten dan Kota Kediri, Sidik Purnomo, Senin (13/1).

Pada tahun 2021 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) merencanakan perubahan ujian. Rencananya, ujian tidak lagi UNBK namun mulai diberlakukan AKM atau Tes Kompetensi Dasar. “Dalam jadwal, siswa nantinya akan diperkenalkan bentuk soalnya seperti apa,” imbuhnya.

Pengenalan soal AKM ini dilaksanakan setelah siswa selesai mengikuti gladi bersih, karena siswa hanya dijadwalkan hanya mengerjakan satu mapel saja. Untuk siswa SMK akan melaksanakan gladi bersih pada 17 Februari dan tanggal 18 mengikuti pengenalan soal AKM.

Bahkan, pengenalan AKM ini juga diberlakukan kepada guru SMA sederajat. “Kalau siswa, baik SMA, MA, SMK, dan paket C, semuanya diperkenalkan soal AKM. Setelah siswa mengikuti pengenalan, baru selanjutnya guru seluruh mata pelajaran mengikuti pengenalan ini,” ujarnya.

Namun, sekolah juga harus tetap memperhatikan ketentuan gladi bersih, seperti memastikan semua siswa mengikuti gladi bersih UNBK tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, sekolah harus memastikan semua pengaturan baik tempat menumpang pelaksanaan UNBK, server, dan sesi. Karena, setelah pengaturan ditutup, sekolah tidak diperbolehkan melakukan pengaturan pada hari ‘H’ pelaksanaan UNBK.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu
Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date