Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Spons Cuci Piring?

Koranmemo.com – Saat spons cuci piring sudah rusak, pasti banyak di antara anda yang baru berpikiran untuk mengganti spons.  Namun, ternyata itu justru kebiasaan yang harus dihindari. Jangan karena spons selalu terkena sabun pencuci piring, berarti terlindung dari kuman.

Menurut Profesor Markus Egert, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman mengatakan bahwa spons pencuci piring justru jadi tempat favorit hidupnya mikroba.

Ini terjadi karena area permukaan spons sangat besar, basah, dan disimpan pada tempat yang lembap. Belum lagi, pasti ada sisa makanan yang tertinggal di spons menjadi makanan bagi bakteri yang berkembang.

Dari hasil penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa spons dapur bekas, meski kondisinya masih bagus, ternyata menyimpan hampir lima triliun bakteri di dalamnya. Bakteri patogen yang tersimpan dalam spons mungkin bisa jadi penyebab penyakit seperti e.coli dan salmonella, teman-teman. Hal ini dapat membahayakan anak-anak dan juga orang tua.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengganti spons cuci piring secara rutin seminggu sekali. Sebelum ganti, ada beberapa cara untuk membersihkan spons, agar tetap bisa menjaga kebersihan:

  1. Panaskan dengan Microwave

Panaskan spons dalam microwave selama satu atau dua menit pada suhu tinggi.  Kemudian, keluarkan spons dan diamkan selama beberapa waktu sampai dingin. Setelah itu, spons bisa digunakan kembali untuk mencuci piring.

  1. Rendam dengan Pemutih

Rendam spons dalam air yang sudah diberi cairan pemutih. Diamkan beberapa menit, lalu angkat, dan keringkan.  Jika masih belum yakin akan kebersihannya, teman-teman bisa mencucinya di mesin cuci menggunakan deterjen.

  1. Jemur di bawah Matahari

Cara terakhir ini bisa jadi termasuk cara yang paling mudah untuk dilakukan. Setelah spons pencuci piring ini digunakan, bilas spons dengan air bersih lalu peras sampai air yang tersimpan di dalamnya keluar semua. Kemudian, jemur spons di bawah sinar matahari sampai kering. Hal ini untuk mengusir bakteri-bakteri jahat yang bersembunyi dalam spons.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date