Badrus Soleh, Juru Parkir yang Peduli Masyarakat

Rutin Beri Bantuan ke Warga yang Membutuhkan Setiap Bulan

Kediri, koranmemo.com – Berbagi dengan sesama tidak perlu menunggu punya banyak uang. Asal bisa menyisihkan pendapatan yang diperoleh dan punya niat yang tulus untuk membantu orang yang membutuhkan, siapapun bisa melakukannya. Seperti yang dilakukan oleh Badrus Soleh, warga Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai juru parkir ini setiap bulan rajin memberikan bantuan uang tunai atau sembako kepada warga sekitarnya.

Sejak masih kecil, Badrus memang sudah memiliki jiwa sosial yang besar. Dia selalu ingin membantu orang lain yang sedang terkena musibah atau masalah ekonomi. dia merasa bersimpati karena dia melihat dia dan keluarganya pun juga mengalami hal yang sama. Makanya, dia berharap, ketika dia besar dan sudah bisa mencari uang sendiri, berapapun pendapatannya, dia ingin menyisihkannya untuk beramal.

Setelah beranjak dewasa dan bisa menghasilkan uang sendiri, dia pun mulai melakukan apa yang dia inginkan sejak kecil. Meskipun pekerjaannya masih serabutan dan pendapatan yang dia peroleh tidak seberapa, dia tetap konsisten menyisihkan uangnya. Setiap bulan, Badrus secara rutin memberikan bantuan uang dan sembako kepada warga yang dia rasa membutuhkan.

“Setiap bulan paling tidak ada satu keluarga yang saya beri bantuan. Kalau rezekinya lebih, bisa sampai 3 keluarga,” kata Badrus.

Kebiasaannya ini juga didukung penuh oleh sang istri. Setelah menikah, sang istri juga membantu mengumpulkan uang dan memilih warga yang hendak mereka bantu. Hal tersebut mereka lakukan berdua sampai akhirnya di tahun 2016 dia berinisiatif membuat grup di media sosial bernama Sedulur Kepung Raya, yang tujuannya adalah mengumpulkan donasi. Dia berharap, langkah itu membuatnya bisa membantu lebih banyak orang.

Jenis donasinya bermacam-macam. Mulai dari baju layak pakai, sembako, serta uang tunai. Bahkan dia juga pernah membagikan sepeda mini untuk anak-anak, dan kursi roda untuk orang yang terkena penyakit stroke dan orang kecelakaan.

“Untuk kursi roda dan sepeda mini biasanya saya yang membeli kadang ada orang yang menyumbangnya,” ujarnya.

Kegiatan sosial yang dia lakukan tersebut tentu saja mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya di wilayah Kepung. Dia banyak menerima donasi, sehingga keinginan dia untuk membantu lebih banyak orang lagi bisa terwujud. “Kita juga mempersilakan bagi masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk apapun disini,” ungkapnya.

Di masa pandemi ini, dia dan anggota grup lainnya semakin giat mengumpulkan donasi dan membagikannya dengan segera ke masyarakat yang terdampak pandemi. Dia tahu,di masa-masa sulit seperti sekarang ini, kepedulian dari sesama adalah hal yang paling penting. Dia juga mengaku bahagia apa yang dilakukannya ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

“Kami berharap kepada masyarakat semoga di tengah pandemi ini bisa diberi kesehatan dan rezeki yang lancar,” tuturnya.

Reporter: Rizky Rusdiyanto

Editor: Della Cahaya