Backlog di Tulungagung Kian Meningkat Setiap Tahunnya

Share this :

Tulungagung, Koranmemo.com – Angka keluarga yang masih belum memiliki rumah sendiri di Tulungagung terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini menandakan, jumlah hunian dan jumlah penduduk di Tulungagung masih belum seimbang (backlog).

Hingga Oktober 2020, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tulungagung mencatat ada 56 ribu KK yang masih belum memiliki rumah sendiri. Sementara di tahun 2019 tercatat sebanyak 54 ribu KK.

Padahal, menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Tulungagung, Anang Prastitianto, pihaknya sudah menyediakan 2 rumah susun bagi keluarga yang masih menumpang di rumah orang tua atau saudara mereka.

“Kami mencatat 60 persennya merupakan generasi milenial yang baru menikah dan masih menumpang di rumah orang tuanya. Setiap adanya pernikahan, angka backlog selalu bertambah. Dalam setahun saja angka backlog sudah bertambah hingga dua ribuan,” kata Anang, Selasa (6/10).

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan pihak pengembang perumahan untuk melakukan upaya pembangunan di daerah. Rupanya, dari hasil pembicaraan tersebut diketahui pihak pengembang masih kesulitan dalam menjangkau masyarakat yang kurang mampu. Ditambah harga tanah di Tulungagung yang selalu meningkat setiap tahunnya turut membuat pengembang ragu untuk membangun di Tulungagung.

“Kita kurang tau gimana evaluasinya dari pengembang, tapi yang jelas katanya kalau sudah di bangun jadi tidak ada keuntungan,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengajukan tiga rumah susun pada tahun depan lantaran rumah susun dianggap mampu untuk menangani jumlah backlog di Tulungagung. Pihaknya juga berharap nantinya ditahun depan pengajuan tersebut bisa direalisasikan.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengaku permasalahan backlog di Tulungagung memang tengah menjadi atensi oleh Pemkab Tulungagung. Menurutnya, saat ini masyarakat Tulungagung memang tengah membutuhkan rumah susun sebagai

“Membangun segala hal yang bersifat demi kemaslahatan umat itu bagus dan penting. Nanti kita usulkan untuk pembangunan rusun. Kita juga akan membantu dengan menyiapkan lahannya,” ujar Maryoto Birowo.

Reporter : Mochammad Sholeh Sirri
Editor : Della Cahaya