Australia Kerahkan Tentara untuk Datangi Rumah Warga di Wilayah Penyebaran Covid-19

Melbourne, koranmemo.com – Australia kerahkan tentaranya untuk mendatangi rumah-rumah warga di pinggiran negara bagian Victoria yang telah menjadi pusat penularan virus corona saat ini. Mereka ditugaskan untuk mengundang warga baik yang mengalami gejala maupun tidak untuk melakukan tes Covid-19 secara gratis.

Kamis (25/6), Gubernur Victoria, Daniel Andrews mengatakan, warga akan mendapati pintunya diketuk oleh personel tentara Australia untuk mengundang mereka melakukan tes Covid-19 secara gratis. Hal ini dilakukan untuk mengatasi penularan Covid-19 yang teridentifikasi di Victoria agar tidak semakin memburuk.

Dalam tiga hari ke depan, tes Covid-19 secara masal akan dilakukan terutama pada penduduk Broadmeadows dan Keilor Downs. Sejumlah fasilitas seperti ambulans dan mobil kesehatan lain telah disiapkan untuk menyelenggarakan tes di dekat rumah penduduk.

“Jadi, mereka akan diundang untuk datang dan melakukan tes. Mereka hanya perlu berjalan sekitar 50 – 100 meter dari rumah mereka untuk menyelesaikan hal ini,” kata Andrews dikutip dari The Guardian.

Seiring dengan tindakan yang dilakukan saat ini, pemerintah setempat juga sedang menyiapkan untuk wilayah lain yang juga kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19. Kota lain yang akan menerima pelayanan ini seperti Maidstone, Albanvale, Sunshine West, Hallam, Brunswick West, Fawkner, Reservoir dan Pakenham.

Berdasarkan pengumuman otoritas kesehatan setempat, dalam 24 jam terakhir terdapat 33 orang yang telah dinyatakan terinfeksi Covid-19. Ini merupakan hari ke-9 secara berturut-turut untuk Victoria dalam hal jumlah tambahan kasus sebanyak dua digit per hari.

Andrews mengatakan, pemberian tes Covid-19 secara gratis ini merupakan langkah proaktif dari pemerintah untuk menekan jumlah kasus Covid-19. “Daripada menunggu jumlah transmisi lokal semakin banyak dan semakin sulit untuk dideteksi. Kita akan pergi mendatangi mereka dan mengetuk pintu mereka dengan memberikan fasilitas kesehatan yang ada, terutama bagia warga yang berada di wilayah pusat penularan,” katanya.

Menanggapi gelombang kedua Covid-19 di Victoria, Gubernur New South Wales, Brad Hazzard mengimbau warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke negara bagian tersebut. “Jangan mengunjungi Victoria, khususnya Melbourne yang menjadi pusatnya,” ujarnya.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya