ASEAN Youth Interfaith Camp Bakal Dihadiri 12 Negara

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Kabupaten Jombang dipastikan menjadi tuan rumah acara ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2017 akhir Oktober mendatang. Sejumlah persiapan terus dilakukan termasuk rapat yang digelar Direktur Kerjasama Sosial Budaya ASEAN Kementerian Luar Negeri RI George Lantu dengan sejumlah pihak terkait di Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang, Senin (2/10) kemarin.

Nantinya dalam acara yang akan difokuskan di Universitas Pesantren Darul Ulum (Unipdu) Jombang 28-30 Oktober, akan berlangsung pertemuan pemuda lintas agama dari 12 negara.

“Kami dari Kementerian Luar Negeri datang untuk menemui Bapak Bupati untuk membicarakan persiapan AYIC tanggal 28-30 Oktober,” kata George kepada wartawan di kantor Pemkab Jombang, Senin (2/10) kemarin.

Tujuan pelaksanaan AYIC sendiri menurut George, mencegah terjadinya antitoleransi dan radikalisme akibat perbedaan agama, menyediakan akses informasi tentang perbedaan agama dan toleransi di ASEAN, mengenalkan konsep Islam Nusantara sebagai bentuk toleransi di Indonesia dan menyediakan wadah diskusi bagi mahasiswa ASEAN.

“Semoga ini bisa membawa manfaat kepada masyarakat, dalam hal ini pemuda Jombang, Jawa Timur dan Indonesia,” ujar George.

George menambahkan, 12 negara yang akan hadir terdiri dari 10 negara ASEAN dan dua negara mitra ASEAN, yakni Korea Selatan dan Canada. Sejauh ini menurutnya persiapan AYIC sudah mencapai 75 persen.

“Yang 25 persen tergantung arah ASEAN. Kalau Pemkab Jombang saya melihat sudah cukup banyak yang disiapkan. Hari ini kami akan melihat beberapa tempat yang akan kami kunjungi, nanti kami evaluasi bersama kekurangannya,” ungkapnya.

Sementara Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mengatakan, pesiapan gelaran AYIC tinggal pemantapan teknis lapangan saja. Ia berharap acara berskala internasional ini bakal mengharumkan nama Kota Santri di mata dunia.

“Kami harus membawa nama harum Jombang kota yang harmoni yang toleran yang paling siap melaksanakan kegiatan tersebut,” tutur Nyono.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.