Kejuaraan Sepakbola Piala Wali Kota Cup ke-IV U-12, Asah Mental Juara Sejak Usia Dini

Kediri, koranmemo.com – Kejuaraan sepakbola tahunan Piala Wali Kota Cup ke-IV usia sekolah dasar (SD) sudah menyelesaikan seluruh kompetisinya. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Nur Muhyar menyerahkan Piala Wali Kota bergilir kepada juara I.

Nur Muhyar menjelaskan,  kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Kediri untuk mengembangkan skill anak-anak masih memiliki jenjang pelatihan yang panjang. Dengan demikian,  pelajar memiliki kesempatan untuk mewujudkan impiannya sebagai pemain bola sejak dini.

Dia menambahkan, dalam pengembangan sepak bola, Kota Kediri juga membutuhkan peran serta beberapa pihak seperti halnya pelatih. Seperti contoh mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan anak.

“Untuk para pelatih sebaiknya memanfaatkan teknologi informasi dengan mengambil apa-apa saja yang bisa mengembangkan teknik anaknya,” ujarnya.

Selain secara teknis dari pelatih, orang tua juga menjadi salah satu komponen pendukung terciptanya pesepak bola unggul di Kota Kediri. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk selalu mendukung dan mengembangkan potensi anaknya.

“Asupan gizi dan lainnya seperti cabang olahraga yang pendukung. Seperti contohnya renang, meski ada di cabang olahraga berbeda ternyata memiliki manfaat dari segi pengembangan ototnya. Ini harus dipahami latihan tidak harus monoton seperti dulu lagi,” imbuh Nur Muhyar.

Dengan adanya kompetisi ini, Kepala Disbudparpora berharap mental para atlet akan terasah. Jadi ke depan meraka akan lebih bisa bersaing di kompetisi yang akan datang,” paparnya.

Nur Muhyar berharap, pada beberapa tahun yang akan datang Kota Kediri semakin banyak menyumbangkan atlet yang mewakili Indonesia di tingkat nasional. Seperti halnya pada Asian Games dan Asian Para Games, ada 4 atlet dari Kota Kediri yang turun pada ajang se Asia tersebut.

“Ini menunjukkan bahwa Kota Kediri bisa bersaing dan berbicara di tingkat nasional dan internasional. Seperti 1 atlet Asian Para Games dan 3 atlet Asian Games,” tutupnya.(adv/disbudparpora)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date