Arus Balik, Lalu Lintas Bangjuri Normal

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Volume kendaraan yang melintas di Simpang Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri) mengalami penurunan dan normal, Minggu (9/6/2019) sejak pagi hari. Hal ini dikarenakan para pemudik yang balik ke perantauan lebih memilih jalur bebas hambatan alias jalan tol.

Di tahun-tahun sebelumnya, biasanya di penghujung libur lebaran Idul Fitri ini, kendaraan yang melintas di jalur tersebut mengular sekitar 2 kilometer dari kawasan Mengkreng hingga Kertosono.

Pantauan koranmemo.com, arus didominasi kendaraan pribadi beroda empat yang bergerak ke arah timur atau Surabaya. Sejak pagi volume kendaraan terus mengalami penurunan. Kepadatan justru terjadi satu hari sebelumnya.

Padahal, hari ini merupakan puncak arus balik, mengingat Senin (10/6/2019) libur panjang berakhir sehingga aktivitas kegiatan kembali seperti hari biasa.

Biasanya kemacetan semakin parah setiap kali ada kereta api yang melintas. Petugas gabungan dari tiga wilayah harus bekerja ekstra untuk mengatur arus lalu lintas.

Pasalnya, di kawasan yang menjadi langganan macet setiap tahun ini terdapat dua palang pintu kereta api dengan jarak cukup dekat. Palang pintu kereta api yang pertama berada di kawasan Simpang Empat Mengkreng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.

Sedangkan palang pintu kedua terdapat di Jalan Raya Plosorejo Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang.

Hal ini membuat petugas gabungan tiga wilayah dibantu TNI masih harus bekerja lebih ekstra karena banyaknya lapak pusat oleh-oleh di sepanjang Bra’an yang memicu penumpukan arus kendaraan.

Selain beberapa kendala, antrean panjang kendaraan juga dipicu penumpukan di titik persimpangan lampu merah. Namun dengan dipilihnya  jalur tol, membuat jalan arteri di sepanjang jalur Wilangan – Kertosono, lancar.

Didik Sugiharto (46) sopir travel pariwisata mengaku tidak ada kendala saat melintas di jalur arteri wilayah Kabupaten Nganjuk. Selain nyaman, banyak polisi dibantu TNI dan instansi lain yang berjaga mengatur lalu lintas di sepanjang jalan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada parat kepolisian khususnya Polres Nganjuk yang banyak membantu kami selama perjalanan melintas di wilayah Kabupaten Nganjuk,” ucapnya.

Sementara AKP Am Rido Ariefianto Kasat Lantas Polres Nganjuk, memprediksi kemacetan di jalur utama mudik Solo – Surabaya puncaknya minggu ini, jika arus balik tidak lewat tol.

“Kami sudah sebar personel di lokasi rawan kemacetan untuk langkah antisipatif, bahkan tim urai juga sudah kami kerahkan,” ujarnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date