Arumi Bachsin Kagumi Semangat Ibu-ibu dan Remaja di Kampung Literasi Sidoarjo

Sidoarjo, koranmemo.com – Ketua Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin membuka kampung Literasi Tapak Kalibendo di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Dengan kondisi serba pas-pasan, ibu-ibu dan remaja di kampung literasi ini patut dicontoh untuk disebarkan ke daerah lain.

Dalam acara pembukaan tersebut mantan artis sinetron ini ddampingi oleh Olga Lidya dan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin serta tokoh literasi Sidoarjo.

“Melihat semangat ibu-ibu di kampung Tebel Kecamatan Gedangan Sidoarjo yang gemar membaca, bahkan mendirikan perpustakaan ini kami merasa kagum dan bangga,” kata Selasa (23/4/2019).

Lebih jauh istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak sangat mengapresiasi semangat masyarakat telah mendirikan perpustakaan yang berada di pinggir sungai itu dengan cara mandiri.

Pihaknya mengagumi bahwa di lokasi pinggir kali bahkan dekat dengan TPU pun ada tempat buku yang sewaktu-waktu bisa dibaca. “Ini sangat luar biasa di tiap-tiap lorong, bahkan di pinggir kali pun ada perpustakaan mini. Karena dengan modal membaca masyarakat itu menambah wawasan dan pengetahuan,” tambah Arumi.

Sementara itu di menurut Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin mengatakan, pemkab Sidoarjo akan mendorong semangat masyarakat yang peduli dengan literasi. Karena dengan keberadaan perpustakaan itu masyarakat tersebut akan memiliki wawasan yang lebih tinggi.

“Rencana kedepannya kampung seperti ini akan diterapkan di daerah lain. Dan Pemkab Sidoarjo akan mendukung kampung literasi seperti ini,” kata Cak Nur, panggilan akrab Nur Achmad Saifuddin Wakil Bupati Sidoarjo.

Sementara itu di tempat yang sama Olga Lidya mengatakan, kampung literasi yang ada di Desa Tebel Gedangan Sidoarjo ini merupakan kampung yang sangat menyenangkan. Karena masyarakatnya baik ibu-ibu maupun remajanya sangat peduli dengan literasi.

“Saat datang pertama kali di kampung ini, pada bulan yang lalu. Kami melihat sendiri semangatnya masyarakat membangun rumah buku, atau tempat-tempat bacaan dengan biaya sendiri itu sudah sangat luar biasa. Apalagi melihat anak-anak yang sedang membaca buku dilokasi yang sederhana ini itu kebanggaan buat aku,” tandasnya.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date