Apel Kesiapan Penanggulangan Akibat Bencana

Nganjuk, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk beserta unsur lainnya melaksanakan apel gelar pasukan gabungan, di halaman GOR Bung Karno Desa Begadung Kecamatan/ Kabupaten Nganjuk, Kamis (9/1). Apel itu bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah Nganjuk.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.M., M.B.A., sedangkan Komandan Apel Kapten Inf Suwanto Danramil 0810/06 Kertosono. Di hadapan awak media, Wakil Bupati Nganjuk mengungkapkan, apel gabungan ini bertujuan untuk mengantisipasi ancaman bencana saat cuaca ekstrem. Apalagi kata dia, Kabupaten Nganjuk termasuk salah satu wilayah yang mempunyai potensi bencana yang cukup besar terutama pada musim hujan seperti kali ini.
“Pagi hari ini kita dapat berkumpul bersama-sama dengan seluruh stakeholder di wilayah Nganjuk dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana seandainya ada ancaman bahaya bencana di wilayah Nganjuk. Jika hal itu terjadi, maka personel sudah tahu tindakan apa saja yang harus dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati menyampaikan, dalam penanggulangan dampak bencana Pemerintah Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan instansi lainnya seperti TNI dan Polri serta unsur lainnya. Pada kesempatan tersebut, Danrem 081/Dsj yang juga hadir pada apel gelar Pasukan mengungkapkan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan unjuk kesiapan pasukan di wilayah Korem 081/Dsj dimana pasukan yang disiapkan mencapai 5000 personel meliputi personel Kodim Kodim di wilayah Korem 081 dan Balak Balak dibawah Korem 0810/Dsj.

Sementara itu, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, S.H., M.M. mengungkapkan bahwa di daerah Nganjuk terdapat beberapa daerah yang masuk dalam wilayah rawan bencana, diantaranya Kecamatan Rejoso, Gondang, Sawahan dan Ngetos.

“Untuk itu Kodim Nganjuk bersama unsur terkait selalu siap dalam penanganan pasca bencana dengan menyiapkan personel dan peralatan yang dibutuhkan dalam penanganan bencana” ungkapnya.

Apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana ini diikuti oleh ratusan personel gabungan yang terdiri dari TNI /Polri, Basarnas, BPBD, Satpol PP, Pemadam kebakaran dan PMI Nganjuk serta unsur Balak Korek 081/Dsj. (adv/humas pemkab)

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date