Apel Kehormatan dan Renungan Suci TMP Pare

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci memperingati HUT ke-73 RI. Apel dan renungan ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pare, Kamis (16/8) tepat pukul 24:00 WIB.

Apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan pada tengah malam menjelang tanggal 17 Agustus. Sebagai peringatan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 RI.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Kediri, Erick Hermawan. Upacara berlangsung khidmat diikuti personel TNI, POLRI, Pemkab Kediri, pelajar, dan umum. Hadir pula dalam kesempatan ini Wakil Bupati Kediri Drs. Masykuri, MM. jajaran Forkopimda, dan Plh. Sekda Kabupaten Kediri.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Erick mengajak para peserta yang menghadiri apel dan renungan suci, untuk mendoakan arwah pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan. Baik yang dimakamkan disini maupun di tempat lain.

“Dalam kesempatan ini marilah kita sejenak merenung untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Baik dimakamkan di TMP Pare ini maupun di tempat lain. Semoga arwah pahlawan diterima Tuhan di tempat sebaik-baiknya,” ajak Erick.

Menambah kekdhimatan pelaksanaan upacara, lampu penerangan di sekitar area TMP dipadamkan. Selanjutnya digunakan penerangan obor dan dilanjutkan prosesi penerangan pusara oleh tim dari Pramuka.

Seusai seluruh peserta mengheningkan cipta bagi para pahlawan, petugas dari Kemenag Kabupaten Kediri membacakan doa untuk arwah para pahlawan yang telah gugur. Ditutup dengan Kapolres Erick mengisi buku hadir TMP Pare. (adv)

Editor: Achmad Saichu