Antisipasi Persebaran Covid-19 Legislatif Trenggalek Selenggarakan Paripurna Online

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Kalangan legislatif Trenggalek menggelar rapat paripurna secara online, Kamis (26/3). Paripurna itu beragenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2019, Penjelasan Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Usulan Bupati dan Tiga Ranperda Inisiatif Legislatif. Paripurna online ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah mencegah persebaran Covid-19.

Pelaksana tugas (plt) Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Trenggalek, Muhtarom mengatakan, paripurna online ini diselenggarakan dengan cara video telekonferensi. Harapannya seluruh kegiatan pemerintahan tetap berjalan sesuai perencanaan, namun tidak mengesampingkan risiko penularan pandemi itu. “Memang kami lakukan pembatasan kerumunan,” kata Muhtarom.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan pembahasan tatap muka langsung dalam rapat internal legislatif. Telekonferensi itu dilakukan jika pembahasan agenda legislatif melibatkan banyak orang. Pembatasan kerumunan itu merupakan instruksi pemerintah pusat, yakni dengan menggelar social distancing. “Menindaklanjuti edaran Kemendagri, daerah yang kena wabah penyampaian LKPJ bisa dengan telekonferensi,” ujarnya.

Secara teknis, paripurna online itu tidak mengesampingkan kaidah-kaidah sesuai aturan yang berlaku. Yakni jumlah kuorum atau daftar hadir anggota legislatif yaitu separuh jumlah anggota plus satu. Hanya saja paripurna ini bisa dilakukan disembarang tempat.

“Kami berikan linknya kepada tamu undangan, jadi ada daftar hadirnya dan bisa diketahui. (Untuk lokasi) sepanjang terkoneksi dengan internet, bisa di sembarang tempat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tahun ini kalangan legislatif Trenggalek bakal membahas sebanyak 25 Ranperda, terbagi dalam tiga kuartal. Mereka tengah mengebut pembahasan agar realisasinya tepat waktu. Pasalnya kalangan wakil rakyat itu terpaksa menunda sejumlah agenda ke luar kota sebagai dukungan pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

“Ada 25 Ranperda, kami bahas di tiga kuartal,” kata Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam, beberapa waktu lalu usai memimpin rapat koordinasi bersama tim eksekutif. (adv/DPRD Trenggalek)

Reporter: Angga Prasetya
Editor: Della Cahaya