Antisipasi Kerusakan Taman di Malam Tahun Baru, DLH Pasang Pagar Pengaman

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Menyambut pergantian tahun dari tahun 2019 ke 2020, di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri dipastikan dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Karena di SLG akan digelar pesta kembang api dan pentas seni artis ibu kota dengan dua panggung besar.

Terkait hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri sejak dua hari lalu memasang pagar besi pengaman taman setinggi 1,6 meter di seputar taman di SLG. Pemasangan ini dimaksudkan agar taman tetap aman dan tidak rusak terinjak-injak oleh pengunjung yang menghabiskan malam tahun baru di kawasan SLG.

DLH menerjunkan lebih dari 60 orang selama malam pergantian tahun hingga saat perayaan tahun baru 2020. Secara umum seluruh taman utama di kawasan SLG termasuk taman sempadan di seluruh sisi di kawasan SLG. Taman perlu dijaga dengan harapan tidak rusak karena ulah pengunjung saat menyambut tahun baru di kawasan SLG.

Pemasangan pagar pengaman ini akan berlaku hingga tujuh hari setelah perayaan tahun baru. Terlebih di akhir tahun ini libur tahun baru adalah libur anak sekolah selama dua minggu. Selain pasang pagar pengaman,DLH berkoordinasi dengan lintas intansi untuk menjaga taman selama perayaan tahun baru.

Puthut Agung Subekti Plt Kepala DLH Kabupaten Kediri membenarkan, DLH memasang pagar pengaman untuk taman bunga di seputar SLG termasuk penjagaan di RTH di sisi barat lapangan. Dengan harapan tidak terinjak-injak pengunjung yang datang ke SLG untuk merayakan tahun baru.

“Kita tentu sangat menjaga agar taman bunga di seputar jalur lingkar SLG ini tetap indah, enak dipandang dan terjaga dengan baik. Karena proses perawatan biayanya cukup mahal sehingga kami harus hati-hati dalam menjaga ratusan jenis bunga ini agar tidak rusak. Kita setiap hari menyirami, menyiangi jika ada yang rusak dan memelihara oleh petugas ahli taman,” ujarnya.

Puthut sangat berharap pengunjung lebih tertib dan tidak masuk area yang telah dipagari oleh petugas DLH. Menjaga ketertiban bersama dan menjaga keindahan lingkungan agar kondisi taman di SLG tetap asri dan sedap dipandang. Seperti halnya setiap menyambut pergantian malam tahun baru ribuan orang berkunjung ke SLG untuk menonton pertunjukkan.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu